Terlihat Tandus dan Kering, Gurun Sahara dan Sahel Miliki Miliaran Pohon yang Tumbuh Subur

Tangkapan citra satelit dan penelitian mendalam menggunakan komputer telah mengungkapkan gambaran yang berbeda dari kedua gurun yang tampak kering ini

Foto oleh Soraya Dewi via Flickr.com
Ilustrasi - Gurun Sahara. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sekilas hamparan Gurun Sahara dan Sahel tampak tandus dan kering, tapi tahukah kamu jika kedua gurun ini miliki miliaran pohon yang tumbuh subur?

Tangkapan citra satelit dan penelitian mendalam menggunakan komputer telah mengungkapkan gambaran yang berbeda dari kedua gurun yang tampak kering dan tandus tersebut.

Melansir laman Sciencealert.com, Sabtu (17/10/2020), Para peneliti menyebutkan bahwa faktanya ada sekitar 1,8 miliar pohon yang tersebar di bagian gurun Sahara dan Sahel, Afrika Barat.

Di mana bagian tersebut disebut dengan zona sub-lembab.

Baca juga: Tengah Tidur Pulas di Pesawat, Wanita Ini Bangun Usai Seorang Pria Kencing ke Arahnya

"Kami sangat terkejut bahwa ada cukup banyak pohon yang tumbuh di gurun Sahara," kata penulis utama, Martin Brandts kepada AFP.

"Memang ada daerah yang luas tanpa pohon, tapi masih ada daerah dengan kerapatan pohon yang tinggi, dan bahkan di antara bukit pasir ada beberapa pohon tumbuh," lanjutnya.

Gurun Sahara, padang pasir terpanas di dunia.
Gurun Sahara, padang pasir terpanas di dunia. (famouswonders.com)

Survei tersebut memberikan data kepada para peneliti dan pihak konservasi untuk memerangi deforestasi dan mengukur penyimpanan karbon di darat lebih akurat.

"Untuk pelestarian, restorasi, perubahan iklim dan sebagainya, data seperti ini sangat penting untuk dijadikan dasar," kata Jesse Meyer, Programmer Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

"Dalam satu atau dua puluh tahun, penelitian ini dapat diulangi untuk melihat apakah upaya revitalisasi dan pengurangan deforestasi efektif atau tidak," imbuhnya.

Tak Mudah Menghitung Jumlah Pohon

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Abdul Haerah HR
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved