Breaking News:

Menjelajah Pulau Derawan Berau, Bisa Melihat Penyu Hijau Bertelur

Pulau Derawan adalah tempat untuk melihat penyu. Pulau Derawan merupakan surga bagi ratusan penyu.

Kayanatour.co.id
Pulau Derawan 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pulau Derawan adalah tempat untuk melihat penyu.

Pulau Derawan merupakan surga bagi ratusan penyu yang berlokasi di Kabupaten Berau.

Ada dua jenis penyu yang hidup dan berkembang biak di perairan Bumi Batiwakkal itu, yakni penyu hijau dan penyu sisik.

Namun mayoritas penyu yang kerap ditemukan adalah penyu hijau. Kabupaten Berau sendiri memiliki lebih dari 30 pulau menjadi magnet tersendiri bagi para penyu untuk mencari makan hingga bertelur.

6 Tempat Wisata Paling Populer di Sulawesi Barat, Pulau Karampuang hingga Wisata Magrove Waitumbur

Seperti yang bisa dilihat di Pulau Derawan, salah satu pulau yang menjadi tujuan wisatawan jika berlibur atau menghabiskan akhir pekan di Kabupaten Berau.

Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Derawan tidak hanya menikmati objek wisata bawah lautnya yang indah namun melihat penyu bertelur memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Ini selain usaha konservasi, sebenarnya aktivitas penyu bertelur mulai naik di daratan untuk bertelur turun kembali di laut bisa jadi objek wisata yang menarik," ungkap Agus Tantomo, Jumat (29/9/2020)

"Dan hasil pembicaraan saya sama petugas konservasi dan keamanan setempat ternyata banyak wisatawan tertarik. Artinya ke Pulau Derawan ada kegiatan lain pada malam hari yakni melihat aktivitas penyu bertelur," pungkasnya.

Agus Tantomo mengatakan di bulan-bulan tertentu hampir setiap hari penyu naik untuk bertelur mulai dua ekor hingga tiga ekor.

Selain di Pulau Derawan, salah satu pulau yang menjadi tempat bertelur penyu hijau yakni di Pulau Sangalaki terlebih pulau tersebut menjadi salah satu pulau konservasi penyu yang dikelola BKSDA wilayah Berau.

Namun jika wisatawan ingin melihat langsung penyu bertelur harus bersabar hingga larut malam, terlebih wisata tidak boleh menyalahkan alat penerang karena itu mengganggu penyu bertelur.

"Wisatawan tidak boleh mengganggu penyu sebelum proses bertelurnya selasi tapi jika selesai silahkan wisatawan jika mau berfoto atau menyentuh langsung itu boleh," pungkasnya.

Melihat langsung penyu hijau yang merupakan icon Kabupaten Berau itu bertelur menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan terlebih penyu hijau menjadi salah satu hewan yang dilindungi.

Seperti yang dikatakan Nita. Ia mengungkapkan terpaksa harus menunda tidur demi melihat penyu hijau bertelur.

"Tadi kami sudah koordinasi sama Bhabinsa dan dia menginfokan malam ini ada penyu yang naik bertelur, tapi kami harus menunggu penyu selesai bertelur baru kami boleh mendekat," pungkasnya.

Diharapkan kedepan ada perhatian khusus pemerintah untuk penangkaran penyu juga insentif bagi para relawan penyu yang rela menjaga penyu saat bertelur agar tidak diganggu oleh masyarakat, karena telur penyu menjadi salah satu objek buruan orang tak bertanggung jawab. (TribunKaltim.co/Ikbal Nurkarim)

Sebelum Liburan ke Derawan dan Raja Ampat, Simak Dulu 4 Tips Ini

Pulau Kumala hingga Danau Labuan Cermin, 5 Destinasi Cantik di Kalimantan Timur Selain Derawan

Pulau Maratua, Kepingan Surga di Kalimantan Timur Selain Kepulauan Derawan

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Wisata ke Pulau Derawan Berau Bisa Melihat Langsung Penyu Hijau Bertelur

Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved