Bandara Soekarno-Hatta Jadi Salah Satu Bandara Paling Aman di Dunia untuk Penanganan Covid-19

Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu bandara di dunia dengan rating tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Instagram/soekarnohattaairport
Pengecekan calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pandemi Covid-19 membuat seluruh bandara menerapkan protokol kesehatan, tak terkecuali Bandara Soekarno-Hatta.

Selama pandemi, Bandara Soekarno-Hatta terus berupaya menjalankan protokol kesehatan secara ketat guna keamanan para penumpang.

Hal itu berbuah manis dengan terpilihnya Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara di dunia dengan rating tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/9/2020), PT Angkasa Pura II (Persero) menuliskan bahwa bandara Soekarno-Hatta juga mendapat penilaian paling tinggi dibandingkan dengan bandara lainnya di Indonesia.

KA Bandara Soekarno-Hatta Perketat Protokol Kesehatan Selama PSBB Jakarta

Adapun penilaian tersebut berdasarkan evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer yang memberikan rating Safe Travel Score hingga 4,09 bagi Bandara Soetta.

Sementara itu, rating tertinggi dalam penilaian adalah 5.

Hingga kini belum ada bandara di dunia yang berhasil mendapat skor tersebut.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, rating tertinggi bandara Soetta dalam penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 sejalan dengan komitmen dan kerja sama seluruh stakeholder.

Stakeholder yang dimaksud yakni Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, maskapai, TNI/Polri, Balai Karantina, Kantor Imigrasi, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 dan lainnya.

"(Tujuannya) adalah Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap beroperasi sebagai pintu gerbang utama negara dan tetap menjaga konektivitas di Tanah Air meski kita kini tengah menghadapi tantangan berat dari pandemi COVID-19,” ujar Awaluddin.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Muhammad Yurokha May
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved