Breaking News:

5 Fakta Menarik Bandara YIA, Punya Panjang Lintasan 3.250 Meter hingga Tahan Gempa dan Tsunami

Bandara YIA merupakan bandara yang dibangun untuk menggantikan Bandara Adisutjipto yang kini hanya diperuntukkan untuk pesawat militer.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport), Jumat (28/8/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (28/8/2020).

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Bandara YIA saat ini menjadi bandara terbaik di Indonesia saat ini.

Bandara YIA merupakan bandara yang dibangun untuk menggantikan Bandara Adisutjipto yang kini hanya diperuntukkan untuk pesawat militer.

Proses pengerjaan Bandara Internasional Yogyakarta menghabiskan waktu 20 bulan.

25 Penerbangan Beroperasi di Bandara YIA, Suasana Masih Tampak Lengang

Untuk pembangunan Bandara YIA dibutuhkan pembebasan lahan menghabiskan Rp 4,2 triliun, konstruksi baik terminal maupun runway Rp 7,1 triliun yang artinya totalnya Rp 11,3 triliun.

Lalu apa saja keistimewaan Bandara YIA yang dibanggakan Jokowi tersebut?

1. Dirancang tahan gempa dan tsunami

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bandara YIA yang baru didesain memiliki daya tahan terhadap gempa hingga 8,8 skala Richter dan bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.

“Kepala BMKG menyampaikan kepada saya, Ibu Dwikorita, juga bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter, insyaallah ini sudah dirancang untuk kesana semuanya,” ujar Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (29/8/2020).

2. Runway sangat panjang

Bandara baru ini memiliki panjang lintasan runway 3.250 meter, atau lebih panjang dibandingkan bandara lama Adisutjipto Yogyakarta yang hanya 2.200 meter.

Bandara baru ini dapat didarati pesawat-pesawat besar seperti Airbus A330 atau Boeing 777.

"Bandara ini dikerjakan sangat cepat, hanya 20 bulan, 20 bulan cepat sekali. Kalau kita bandingkan ini dengan airport lama yang di Adisucipto, panjang 'runway' di sana 2.200 meter, yang di sini 3.250 meter jauh lebih panjang," ungkap Jokowi dilansir dari Antara.

Artinya YIA bisa didarati pesawat berbadan lebar.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved