Breaking News:

5 Alasan Pesawat Terbang di Ketinggian Lebih dari 30 Ribu Kaki, Lebih Tinggi dari Puncak Everest

Ketinggian jelajah umum untuk sebagian besar pesawat komersial adalah antara 33 ribu hingga 42 ribu kaki.

orbitz.com
Ilustrasi pesawat 

TRIBUNTRAVEL.COM - Saat naik pesawat, seringkali pilot memberitahukan pesawat berada di jelajah terbang dengan ketinggian sekitar 30 ribu kaki.

Dilansir oleh TribunTravel dari Travel and Leisure, ketinggian jelajah umum untuk sebagian besar pesawat komersial adalah antara 33 ribu hingga 42 ribu kaki.

Dan biasanya pesawat terbang mengudara dengan jelajah terbang sekitar 35 ribu atau 36 ribu kaki, sebagai bandingannya puncak tertinggi dari Everest adalah 29.029 kaki.

Ketentuan jelajah terbang pesawat di ketinggian antara 33 ribu hingga 42 ribu kaki ini ternyata bukan tanpa alasan, ada beberapa ketentuan yang mengharuskan pesawat terbang di atas ketinggian tersebut.

Berikut beberapa alasan kenapa pesawat terbang miliki jelajah terbang di ketinggian antara 33 ribu hingga 42 ribu kaki.

1. Efisiensi bahan bakar

Alasan terbesar kenapa pesawat terbang di jelajah ketinggan tersebut adalah untuk menghemat bahan bakar yang digunakan pesawat.

Ketika udara tipis maka akan menciptakan lebih sedikit hambatan pada pesawat sehingga dengan kecepatan terbang yang sama membutuhkan bahan bakar yang lebih sedikit.

Lapisan udara yang tipis menyebabkan kecilnya tekanan angin, sehingga daya yang keluarkan dengan bahan bakar yang lebih sedikit bisa lebih besar.

Efisiensi bahan bakar tentu sangat bagus untuk maskapai.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved