Breaking News:

1 Muharram 2020

Menilik Uniknya Masjid Al-Irsyad Rancangan Ridwan Kamil, Terinspirasi oleh Keindahan Alam dan Kakbah

Masjid Al-Irsyad Satya di Bandung merupakan bangunan masjid yang didesain dengan konsep arsitektur futuristik karya Ridwan Kamil. Seperti apa?

Tangkap layar YouTube Kompas TV
Masjid Al-Irsyad Satya, Kota Baru Parahyangan, Bandung karya arsitek Ridwan Kamil. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Masjid Al-Irsyad Satya di Kota Baru Parahyangan, Bandung merupakan sebuah masjid dengan arsitektur futuristik yang didesain oleh Ridwan Kamil.

Masjid Al-Irsyad berdiri di atas lahan seluas 1 hektar dan menyatu dengan Al-Irsyad Satya Islamic School, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Saking uniknya, masjid yang dibangun sejak tahun 2009 ini menyabet penghargaan Building of The Year 2010 versi National Frame Building Association pada kategori Religious Architecture beberapa bulan setelah diresmikan.

Masjid yang diresmikan bertepatan dengan Nuzulul Quran pada 17 Ramadan 1431 H ini mampu menampung hingga 1.500 jamaah.

Lebih dari itu, bangunan masjid ini juga dinilai unik, megah, dan kokoh meskipun tidak memiliki kubah dan pilar-pilar penyangga.

Sejarah Masjid Biru Turki, Dibangun dengan Gaya Arsitektur Khas Ottoman pada Tahun 1600-an

Ide Desain Masjid

Masjid Al-Irsyad dirancang oleh seorang arsitek yang juga seorang pejabat negara, yakni Muhammad Ridwan Kamil atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Kang Emil.

Dikutip dari salah satu wawancaranya di Kompas TV, Kang Emil mengatakan, inspirasi untuk mendesain Masjid Al-Irsyad datang dari akumulasi pengalaman pribadi.

Saat pertama kali mendapatkan ide untuk mendesain Masjid Al-Irsyad, Ridwan Kamil sedang berada di puncak bukit pada waktu Maghrib.

Dari puncak bukit tersebut, ia melihat ke arah barat di mana bangunan masjid akan menghadap.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: ronnaqrtayn
Editor: ronnaqrtayn
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved