Layanan Rapid Test Covid-19 dari Lion Air, Biayanya Cuma Rp 95 Ribu

Lion Air Group menawarkan metode uji kesehatan skrining awal dan cepat Rapid Test Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19)

Instagram/ @lionairgroup
Ilustrasi Pesawat Lion Air. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Maskapai penerbangan di bawah Lion Air Group menawarkan metode uji kesehatan skrining awal dan cepat Rapid Test Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) khusus kepada penumpang.

Biaya Rapid Test Covid-19 adalah Rp 95.000, sudah termasuk surat keterangan sesuai hasil dengan masa berlaku 14 hari.

Pelaksanaan Rapid Test Covid-19 bekerja sama dengan Klinik Lion Air Medika.

Rapid test ini bisa dimanfaatkan penumpang pesawat tiga maskapai Lion Air Group yakni Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), dan Batik Air (kode penerbangan ID).

Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan layanan ini dibuka dalam upaya mengakomodir kebutuhan setiap penumpang seiring mempersiapkan rencana perjalanan udara di kondisi saat ini.

8 Ketentuan yang Harus Dipenuhi Penumpang saat Naik Pesawat Lion Air di Masa Adaptasi New Normal

Menurut Danang, Lion Air Group menjalankan fasilitas Rapid Test Covid-19 berdasarkan rekomendasi yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Surat Menteri Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI Nomor AJ.001/1/12 PHB 2020 tentang Peningkatan Pelayanan Perjalanan Orang.

"Layanan dijadwalkan mulai Senin, 29 Juni 2020. Pada tahap awal, layanan Rapid Test Covid-19 tersedia di Jakarta pada empat lokasi dengan jadwal pelayanan," jelas Danang dalam keterangannya, Senin (29/6/2020).

Berikut lokasi pelayanan Rapid Test Covid-19 Lion Air Group:

  1. Kantor Pusat Lion Air Tower, Jalan Gajah Mada No.7, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat 10130 pada Senin – Minggu | Pukul 06.00 – 21.30 WIB
  2. Kantor Lion Air Group, Jalan Kalimalang, Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur 13650 pada enin – Minggu | Pukul 03.00 – 21.30 WIB.
  3. Kantor Pusat Lion Parcel Pusat, Jalan Kedoya Raya No.55, Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11520 pada Senin – Minggu | Pukul 08.30 – 17.00 WIB
  4. Kantor Lion Operation Center (LOC), Jalan Marsekal Surya Darma No.44, Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15127 pada Senin – Minggu | Pukul 03.00 – 21.30 WIB.

Tahap berikutnya, layanan Lion Air Group Rapid Test Covid-19 akan segera dan terus dikembangkan dan dilaksanakan di kota-kota lain, antara lain di kantor penjualan tiket (ticketing sales office) serta sejumlah bandar udara di wilayah Indonesia.

"Penumpang akan mendapatkan nilai lebih dengan hadirnya layanan Rapid Test Covid-19 ini yang lebih praktis, sehingga dapat merencanakan perjalanan dengan mudah," ungkap Danang,

Untuk syarat ketentuan mengikuti Rapid Test Covid-19 yakni sebagai berikut:

  • Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,
  • Pembelian voucher Rapid Test Covid-19 dapat dilaksanakan dan diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
  • Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center. Lalu kantor penjualan Lion Air Group, online travel agent, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan dan lainnya.

"Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019," ujar Danang.

Diungkapkan Danang, hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first) serta upaya agar tidak menyebabkan penyebaran virus corona.

Syarat perjalanan new normal

Lion Air Group mengadopsi syarat perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru sesuai Surat Edaran (SE) Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020.

SE tersebut mengatur kembali syarat yang harus dipenuhi oleh setiap calon penumpang bila akan melakukan bepergian dengan menggunakan pesawat udara.

"Menurut surat edaran dimaksud, calon penumpang hanya membutuhkan bukti tes kesehatan seperti rapid test, PCR test dan atau surat keterangan kesehatan," ujar Danang.

Dengan adanya SE Nomor 9 Tahun 2020, masa berlaku surat keterangan bebas Covid-19 berbasiskan rapid test maupun PCR test diperpanjang menjadi 14 hari. Sebelumnya masa berlaku rapid test hanya 3 hari dan PCR test 7 hari.

"Apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa dari dokter rumah sakit atau Puskesmas," tutur Danang.

Danang meminta kepada seluruh calon penumpang Lion Air, Batik Air, maupun Wings Air untuk mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan.

Selain itu, calon penumpang diminta agar terus memperhatikan dan memenuhi ketentuan-ketentuan perjalanan udara sebagaimana yang diatur oleh daerah tertentu.

"Untuk penerbangan internasional wajib menggunakan uji kesehatan PCR test dengan hasil negatif," katanya.

Lion Air Group Berlakukan Physical Distancing dalam Pesawat, Simak Rinciannya

Lion Air Dijadwalkan Terbang Kembali 10 Juni 2020, Simak Persyaratan untuk Penumpang

Buka Tutup Penerbangan Lion Air Selama Pandemi Corona, Simak Penjelasannya

Sempat Ditunda, Lion Air Group Akan Kembali Beroperasi pada 10 Mei 2020

Mulai Terbang Lagi, Ini Rute dan Tarif Tiket Pesawat Lion Air

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul  Lion Air Sediakan Layanan Rapid Test Covid-19, Biayanya Rp 95.000

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved