Breaking News:

PT KAI DAOP 8 Sediakan Rail Express untuk Angkut Bahan Pangan Selama PSBB

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar disambut PT KAI Daop 8 Surabaya untuk menyediakan layanan distribusi pangan melalui kereta api.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Ilustrasi kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar disambut PT KAI Daop 8 Surabaya untuk menyediakan layanan distribusi pangan melalui kereta api.

“KAI siap mendistribusikan barang termasuk pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lainnya dengan aman, tepat waktu, dan efisien,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Selasa (21/04/2020).

Ia menjelaskan, Rail Express adalah layanan angkutan barang Station to Station dengan harga terjangkau tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa.

“Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan,” tukas Suprapto.

Ia menyebut, sesuai Permenkes No 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB perusahaan transportasi logistik untuk bahan pangan masih dapat beroperasi tanpa pembatasan.

Daftar Perjalanan Kereta Api yang Masih Beroperasi di Wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya

Lebih jauh tentang Rail Express telah melayani angkutan bahan pangan seperti telur dari Blitar ke Jakarta, bawang merah dari Nganjuk ke Jakarta, salak dari Purwosari ke Jakarta, sayur dan buah dari Malang dan Kebumen ke Jakarta dan Bandung, serta angkutan bahan pangan lainnya ke berbagai tujuan.

 “Semoga layanan ini dapat membantu masyarakat yang ingin mendistribusikan barangnya pada masa Pandemi Covid-19,” ujar Suprapto.

Ditengah menurunnya volume angkutan penumpang, KAI memaksimalkan lini angkutan barang menggunakan kereta api.

Ia berharap KAI mampu mempercepat pendistribusian logistik yang dibutuhkan di berbagai daerah, termasuk logistik yang sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19.

Selain itu kata Suprapto, terhitung pada Bulan Maret 2019, telah terjadi perubahan pola bisnis di angkutan barang hantaran (Rail Express) yang sebelumnya mengunakan sistem Bisnis to Bisnis (B to B) menjadi sistem Bisnis to Costumer (B to C).

Dimana pada pola sebelumnya, konsumen yang ingin mengangkut barang dengan mengunakan angkutan kereta api, harus menggunakan jasa ekspeditur untuk bisa diangkut dengan kereta api.

“Pada pola bisnis yang baru ini, siapapun baik itu masyarakat perorangan maupun pihak bisnis lainnya bisa langsung berhubungan dengan PT KAI di loket yang telah disediakan untuk mendapatkan layanan angkutan barang hantaran kereta api,” tandasnya.

Cara Batalkan Tiket Kereta Api Pakai Aplikasi KAI Access, Mudah dan Praktis

Ini Alasan Daop 6 Yogyakarta Tak Menerima Kedatangan Kereta Api dari Jakarta

10 Jadwal Kereta Api Kembali Beroperasi, Lihat Daftarnya

Aplikasi Lokomart Bisa Jadi Pilihan Saat Rindu Kuliner di Kereta Api

Artikel ini telah tayang di Tribunsuryatravel.com dengan judul Masa PSBB, KAI Daop 8 Sediakan Rail Express Angkut Barang Station to Station Harga Terjangkau

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved