Imbas Covid-19, Angkasa Pura II Sebut Penumpang Pesawat Terus Menyusut

Seperti yang dialami oleh 19 bandara dikelola PT Angkasa Pura II. Penurunan jumlah penumpang di 19 bandara tersebut menyusut tajam.

Imbas Covid-19, Angkasa Pura II Sebut Penumpang Pesawat Terus Menyusut
Dok. Angkasa Pura II
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sektor penerbangan dihantam badai wabah virus corona. Sehingga terjadi penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan.

Seperti yang dialami oleh 19 bandara dikelola PT Angkasa Pura II. Penurunan jumlah penumpang di 19 bandara tersebut menyusut tajam.

"Memang terjadi trend penurunan jumlah penumpang karena adanya Covid-19 ini," ujar Vice President PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano kepada Warta Kota, Rabu (25/3/2020).

Yado menjabarkan mengenai sejumlah data penurunan penumpang ini. Jumlah penurunan terasa pada medio Maret 2020.

"Bulan Januari sampai Februari 2020 normal. Bahkan terjadi penumbuhan jumlah penerbangan. Namun mulai terasanya di Maret ini," ucapnya.

Menurutnya di awal Maret jumlah penumpang yang ada di 19 bandara dikelola AP II masih stabil. Penurunan tajam mulai berlangsung pada tanggal 17 Maret 2020 ke atas.

"Dari situ jumlah penurunan hari ke harinya semakin berkurang," kata Yado.

Di tanggal 1 Maret 2020 total penumpang di 19 bandara tersebut sebanyak 239.549 orang.

Jumlah itu terhitung dari kedatangan, keberangkatan dan transit.

Namun hingga tanggal 24 Maret 2020 kemarin penurunan penumpang sangat drastis.

Yakni hanya berjumlah 34.269 orang saja.

"Untuk kerugian masih belum kami hitung. Karena bulan Maret ini kan belum habis, masih ada seminggu lagi. Biasanya kita habiskan dalam satu bulan dan juga perbandingan dari tahun kemarinnya," ungkap Yado.

Hal senada juga diungkapkan langsung oleh Corporate Communication Lion Air Group, Danang Mandala. Dirinya mengakui bahwa wabah virus corona sangat berdampak dalam sektor penerbangan.

"Memang terasa angka penurunan penumpang. Tapi kami belum mikir ke arah kerugian. Saat ini sedang fokus dalam penanganan Covid-19 itu. Baik itu keselamatan penumpang beserta awak pesawat," tutur Danang.

Bahkan menurutnya pesawat yang berangkat tak selalu penuh mengangkut penumpang. Terjadi kelowongan yang sangat terlihat di dalam pesawat.

"Biasanya penuh sekitar 180 orang, tapi sekarang hanya 130 penumpang saja. Banyak kurangnya juga kalau diakumulasi. Tapi kami baru lakukan evaluasi satu bulan kedepannya," paparnya. (dik)

Ada Penumpang Positif Virus Corona, Pesawat Garuda Indonesia Didisinfeksi dan Kru Diisolasi

Mengintip Mewahnya Kabin Pesawat Kelas Utama Terbaik di Dunia, Semua Serba Premium

Alasan Pramugari Jarang Sakit Meski Berada di Kabin Pesawat Berjam-jam

Arti Kode SSSS pada Boarding Pass Pesawat yang Harus Diwaspadai

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Penumpang Pesawat Terbang di 19 Bandara AP II Menyusut Tajam dari 239.549 Tinggal 34.269 Orang

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved