Langkah Lion Air Cegah Virus Corona, Batalkan Sementara Penerbangan ke China per Februari 2020

Lion Air mengambil langkah pencegahan penyebaran virus corona dengan pembatalan sementara semua penerbangan rute China mulai Februari 2020.

Langkah Lion Air Cegah Virus Corona, Batalkan Sementara Penerbangan ke China per Februari 2020
Lion Air Group
Pesawat Lion Air 

TRIBUNTRAVEL.COM -  Lion Air mengambil langkah pencegahan penyebaran virus corona dengan pembatalan sementara semua penerbangan rute China mulai Februari 2020.

"Keputusan penghentian sementara merupakan bagian dari langkah antisipasi berdasarkan pemberitahuan larangan perjalanan dari otoritas Wuhan mengenai dampak wabah virus corona," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Selasa (28/1/2020).

Dalam keterangan pers, terdapat 15 kota di China yang menjadi rute Lion Air. Kota-kota tersebut yakni Changsha, Chengdu, Chongqing, Fuzhou.

Lalu Guangzhou, Hangzhou, Haikou, Jinan, Nanjing, Nanchang, Shenzhen, Shanghai, Tianjin, Wuhan dan Xi’an.

Namun, terdapat lima kota yang penerbangannya dibatalkan mulai Januari 2020, yakni Wuham Tianjin, Fuzhou, Hangzhou dan Haikou.

Usai Pulang dari China, Pramugari Lion Air Mengaku Kurang Sehat dan Dapatkan Perawatan Intensif

Adapun semua penerbangan rute China Lion Air berangkat dari lima kota di Indonesia--Denpasar, Jakarta, Surabaya, Batam dan Manado.

"Operasional penerbangan yang masih berjalan atau beroperasi ke Tiongkok bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang," kata Danang.

"Layanan penerbangan kembali dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang," lanjutnya.

Danang melanjutkan, Lion Air Grup sudah menginformasikan kepada seluruh tamu atas perubahan dan pembatalan penerbangan sementara pada rute dimaksud.

Ilustrasi pesawat Thai Lion Air
Ilustrasi pesawat Thai Lion Air (instagram/hnlrarebirds)

Sebagai iinformasi mengenai layanan penerbangan ke Tiongkok, Lion Air Group telah menerapkan antisipasi yang mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. SR.01.0111/5888/2019 "Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio" pada 30 Desember 2019.

Kemudian surat edaran Kemenkes No PM.04.021111143/2020 "Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya" pada 3 Januari 2020.

Dalam tindakan pencegahan dimaksud, merekomendasikan guna menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman sesuai prosedur yang berlaku.

Kemudian menyediakan dan menggunakan masker, sarung tangan dan cairan/gel pembersih tangan guna antisipasi tertular pada awak pesawat dan petugas layanan darat.

Usai Pulang dari China, Pramugari Lion Air Mengaku Kurang Sehat dan Dapatkan Perawatan Intensif

Catat! 3 Informasi Penting dari Lion Air Terkait Wabah Virus Corona

Daftar Harga Tiket Pesawat Lion Air dan Citilink Rute Surabaya-Bali Sepanjang Februari 2020

Harga Tiket Pesawat Jakarta-Bali Sepanjang Februari 2020, Lion Air dan Batik Air Pasang Tarif Murah

Begini Cara Kerja Thermal Scanner yang Berguna untuk Antisipasi Virus Corona di Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas Virus Corona, Semua Penerbangan Lion Air Rute China Dibatalkan Sementara Per Februari 2020"

Ikuti kami di
Editor: Gigih Prayitno
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved