Breaking News:

Jakarta Banjir, Pengusaha Keluhkan Aktivitas Bisnis Pariwisata yang Ikut Terdampak

Hujan di kawasan Jabodetabek sejak Selasa sore, 31 Desember 2019 hingga Rabu, 1 Januari 2020, mengakibatkan banjir tepat hari pertama tahun 2020

Warta Kota/Henry Lopulalan
Petugas pemadam kebakaran menyiapkan selang untuk menyedot air yang menggenangi underpass UKI yang ketinggian airnya mencapai sekitar satu meter, di Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Tingginya curah hujan membuat sebagian kawasan Jabodetabek terendam banjir 

TRIBUNTRAVEL.COM - Hujan yang melanda kawasan Jabodetabek sejak Selasa sore, 31 Desember 2019 hingga Rabu, 1 Januari 2020, mengakibatkan banjir tepat hari pertama tahun baru 2020.

Ketua Umum DPD HIPPI Provinsi DKI Jakarta dan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, banjir ini mengakibatkan aktivitas bisnis lumpuh karena berbagai akses lalu lintas terganggu dan pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN karena alasan menghindari korsleting.

"Seharusnya geliat ekonomi di Jakarta di hari libur 1 Januari seyogyanya bergairah karena warga Jakarta akan banyak mengisi liburan ke tujuan wisata seperti Ancol, Kota Tua, Monas, TMII, Kebun Binatang Ragunan dan pusat2 perbelanjaan," ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Sarman menjelaskan, belum lagi acara tahun baruan mungkin makan bersama keluarga di hotel, cafe, restoran dengan kejadian ini praktis terhenti.

"Termasuk arus logistik pasti terganggu apalagi beberapa kawasan ruas tol juga terkena banjir," katanya.

Kejadian banjir ini, Sarman menambahkan, memang sangat terimbas terhadap berbagai aktivitas bisnis di Jakarta dan sekitarnya.

Hari libur tahun baru seperti ini biasanya omzet restoran, cafe, pusat perbelanjaan termasuk UKM2 di tempat tujuan wisata biasanya naik.

"Namun dengan banjir ini praktis omzet menurun. Kalau kita bicara berapa jumlah kerugian, tentu masih sulit memprediksinya yang pasti omzet anjlok dari yang diharapkan," ujar Sarman.

Foto Sebuah Tempat yang Tetap Hijau di Antara Banjir Jakarta Viral di Medsos, Ternyata Hotel

Ilmuwan Ungkap Hal Mengerikan yang Terjadi Jika Seluruh Air Laut di Muka Bumi Menguap

Catat! Jadwal Air Mancur Monas saat Liburan Tahun Baru 2020

Update Penyesuaian Perjalanan KRL Hari Ini, Sejumlah Lintasan Masih Tergenang Air

Kisah Traveler Asal Jakarta yang Menantikan Sunrise Pertama Tahun 2020 di Pantai Sanur

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengusaha Keluhkan Aktivitas Bisnis yang Lumpuh Akibat Banjir

 
Sumber: Tribunnews.com
Tags:
MonasTMII
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved