Liburan Tahun Baru 2020

Malam Tahun Baru 2020, Ada Car Free Night di Puncak Bogor, Kendaraan Bermotor Dilarang Melintas

Malam Tahun Baru 2020 nanti, ada car free night di Puncak Bogor, kendaraan pun dilarang melintas.

Malam Tahun Baru 2020, Ada Car Free Night di Puncak Bogor, Kendaraan Bermotor Dilarang Melintas
KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH
Sejumlah kendaraan melintas di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/1/2018). Jelang malam tahun baru, arus lalu lintas di jalur Puncak terpantau ramai lancar pada pagi hari. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Satuan Lalu Lintas Polres Bogor akan memberlakukan car free night atau bebas kendaraan malam hari pada pergantian tahun baru.

Polisi akan memberlakukan larangan roda empat atau lebih yang akan menuju kawasan Puncak Bogor, Kabupaten Bogor.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP M Fadli Amri mengatakan, car free night akan dilaksanakan pada 31 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020 dimulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB.

Nantinya, di sepanjang ruas Jalan Raya Puncak itu akan ada enam titik yang ditutup yakni, Pos Interchange 1 B, SPBU Patung ayam dari arah Ciawi, RM Cimory, SPBU Ussu, Simpang Taman Safari hingga Gunung Mas.

Sejumlah kendaraan melintas ruas jalan Cugenang Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Mulai hari ini, Kamis (30/05/2019) ruas jalan nasional itu tertutup untuk kendaraan berat.
Sejumlah kendaraan melintas ruas jalan Cugenang Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Mulai hari ini, Kamis (30/05/2019) ruas jalan nasional itu tertutup untuk kendaraan berat. (KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

"Saat malam (Tahun Baru 2020) nanti masyarakat yang akan mengarah ke Puncak untuk dapat mengikuti waktu (penutupan), jadi warga yang akan berlibur agar naik sebelum waktunya ditutup, karena setelahnya tidak ada lagi kendaraan roda empat yang diberikan akses ke sana (Puncak)," kata Fadli, di Mapolres Bogor, Cibinong, Selasa (3/12/2019).

Fadli menuturkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait yang tergabung dalam forum LLAJ Kabupaten Bogor termasuk Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Penutupan arus lalu lintas itu, kata Fadli, sebagai upaya untuk menghindari overload kendaraan yang akan merayakan Tahun Baru 2020 di jalur Puncak.

Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan warga sekitar agar tidak terganggu dengan lalu lalang kendaraan di kawasan wisata Puncak Bogor.

"Iya, penutupan arus lalu lintas ini untuk menghindari overload kendaraan disebabkan banyaknya masyarakat yang ingin berlibur serta menghabiskan malam tahun baru di lokasi wisata Puncak," ujar dia.

Tonton juga:

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni menuturkan, program larangan roda empat atau car free night merupakan program tahunan yang dilakukan guna kepentingan menjaga keamanan kondisi infrastruktur dan bangunan dari getaran kendaraan yang melintas.

“Kami akan menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah Bogor (Puncak) menjelang Natal dan Tahun Baru, oleh karenanya kami perlu melakukan rekayasa-rekayasa arus sehingga bisa bermanfaat bagi semua golongan dan kepentingan” ungkap dia.

“Perlu sosialisasi yang masif dan terarah agar masyarakat lebih mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan itu, sehingga setelah mengetahui info ini dapat merencanakan perjalanan dan liburannya dengan baik,” ucap dia.

10 Hotel Murah di Puncak Bogor untuk Rayakan Liburan Tahun Baru 2020, Harga Mulai Rp 200 Ribuan

Hindari Macet Liburan Natal dan Tahun Baru, Ini Prediksi Waktu Puncak Lalu Lintas di Akhir Tahun

7 Villa Murah di Bogor Cocok untuk Liburan Tahun Baru 2020, Tarif Mulai Rp 840 Ribu

Rekomendasi 8 Tempat Glamping di Bogor, Pilihan Tepat untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

7 Tempat Wisata di Bogor yang Murah untuk Dikunjungi saat Liburan Akhir Pekan

Panduan Lengkap Liburan ke Kebun Raya Bogor Beserta Harga Tiket Masuknya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kendaraan Roda Empat Dilarang Melintas Puncak Bogor di Malam Tahun Baru.

Ikuti kami di
Editor: Kurnia Yustiana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved