Fakta Unik Moranbong, Girl Band Pertama Korea Utara yang Membernya Dipilih Oleh Kim Jong Un

Kelompok yang juga dikenal sebagai Moran Hill Orchestra ini didirikan oleh Kim Jong Un pada 2012, merupakan kelompok musik wanita pertama di Korut.

Fakta Unik Moranbong, Girl Band Pertama Korea Utara yang Membernya Dipilih Oleh Kim Jong Un
abcnews.go.com
Jadi Girlband Pertama Korea Utara, Member Moranbong Bukan Orang Biasa Dipilih Langsung Kim Jong Un 

TRIBUNTRAVEL.COM - Meski sebagian besar hal yang tersiar seputar Korea Utara adalah hal-hal yang berhubungan dengan militer, ternyata Korea Utara juga punya cara sendiri untuk menghadirkan hiburan bagi masyarakatnya.

Satu grup yang disebut-sebut paling terkenal adalah Moranbong, kelompok girl band yang lima anggotanya dipilih sendiri oleh Kim Jong Un.

Kelompok yang juga dikenal sebagai Moran Hill Orchestra ini didirikan oleh Kim Jong Un pada 2012, dan merupakan kelompok musik wanita pertama di Korea Utara.

Melansir Time (16/1/2018), para anggotanya dipilih langsung oleh pemimpin Korea Utara tersebut sebagai bagian dari upaya modernisasi budaya “muluk-muluk”, menurut media pemerintah Korea.

Suasana Dapur Hotel Atlet SEA Games 2019

8 Cara Unik Rayakan Tahun Baru di Berbagai Negara di Dunia

Mereka dikenal dengan kostum bergaya militer yang dimodifikasi, pertunjukan panggung mewah, dan lagu-lagu kebangsaan.

Namun, sebagian besar repertoar mereka sepertinya terfokus pada satu subjek: pemimpin muda Korea Utara itu sendiri.

Traveling di Zona Demiliterisasi Perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, Berani?

5 Tips Liburan ke Korea Utara Bagi Pemula, Perhatikan Foto yang Diambil

10 Larangan Aneh di Berbagai Negara di Dunia, Jins Biru Dilarang di Korea Utara

Disebutkan lirik dalam lagu itu seperti, "Bagaimana dia bisa begitu baik," atau “Senyumnya begitu hangat dan manis."

"Saya tidak punya pilihan selain diambil olehnya dan hatinya yang hangat."

Grup ini telah tampil di acara-acara terkenal di Korea Utara.

Lebih penting lagi, rezim telah menggunakan mereka sebagai alat diplomasi, membawa band untuk tampil untuk delegasi Kuba pada September 2015.

Tur internasional pertama Moranbong, kalender tiga konser yang direncanakan untuk Beijing pada Desember 2015, dibatalkan setelah China keberatan dengan lirik "anti-Amerika" karena khawatir akan meningkatnya ketegangan, lapor Reuters.

Girl band ini juga muncul pada Februari 2016 untuk merayakan tes rudal  Korea Utara.

Mengulik Keunikan Ponsel Pintar Buatan Korea Utara

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Liburan ke Korea Utara

Panduan Lengkap Liburan ke Korea Utara dengan Aman

Spekulasi telah berputar bahwa Moranbong dapat menghadiri Olimpiade Musim Dingin PyeongChang sejak mantan pemimpin band Hyon Song Wol, yang dilaporkan dipromosikan ke Komite Sentral partai pada bulan Oktober dan merupakan tokoh publik terkemuka, hadir pada pembicaraan antar-Korea di desa gencatan senjata Panmunjom pada hari Senin.

Meski tampak sebagai hiburan, kelompok ini dianggap penuh kontroversi terutama dalam buku nyanyian Moranbong yang banyak bersandar pada retorika nasionalisme dan revolusioner, termasuk lagu-lagu yang disebut "Advance of Socialism" dan "We Love the Party Flag," yang bisa berisiko  pelanggaran hukum keamanan Korea Selatan, menurut The Guardian.

Pertunjukan mereka termasuk pencitraan roket atau memuji program senjata Korea Utara juga kemungkinan akan melukai hati orang yang hadir, terutama setelah satu tahun retorika yang mengancam antara Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump.

Fakta lain tentang Moranbong

Ada beberapa kebingungan tentang berapa banyak anggota yang ada di band, dengan beberapa sumber mengatakan 10, dan yang lain hingga 20. Ada juga pergantian anggota yang tinggi.

Tetapi yang pasti, setiap anggota memegang posisi di militer senior resmi - misalnya Hyon Song Wol, pimpinan Moranbong, dilaporkan seorang kolonel di Tentara Rakyat Korea Utara.

Mereka juga memainkan alat musik mereka sendiri.

Pada 2013, mereka melakukan diet ketat untuk menstandarkan ukuran pinggang mereka , menurut pengamat Korea Utara Sino-NK.

Di tengah ketidakhadiran publik yang berkepanjangan pada tahun 2015, ada spekulasi bahwa band ini telah dibersihkan atau digantikan oleh Chongbong Band, kelompok penyanyi tujuh anggota yang dipuji oleh kantor berita negara Korea Utara.

Moranbong Band muncul kembali tak lama setelah itu juga karena rumor berbau romantis tentang Hyon Song Wol yang menghubungkannya dengan Kim Jong Un.

Hyon Song Wol dianggap telah dieksekusi karena skandal adegan dewasa, tapi kemudian muncul kembali di televisi Korea pada tahun 2014.

Rekomendasi 14 Wisata Pantai dan Tubing di Yogyakarta yang Seru untuk Liburan Rame-rame

4 Masjid Tertua di Indonesia, Ada yang Dibangun Tahun 1288

6 Kedai Es Campur di Jakarta, Ada yang Buka Sejak 1980

Arti Khusus di Balik Angka, Huruf dan Kode Boarding Pass Pesawat, Ada yang Tunjukkan Tanda Bahaya

Rencanakan Liburanmu, Ini 5 Tujuan Wisata Terbaik Bulan November 2019

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Fakta Moranbong, Girl Band Paling Terkenal di Korea Utara Bentukan Kim Jong Un, Anggotanya Punya Posisi Tinggi di Militer Korut

Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved