Breaking News:

Masuk Gunung Bromo Wajib Pesan Tiket Online, Agen Travel Mengaku Dimudahkan

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS) akan menerapkan booking (pemesanan) tiket online di kawasan Gunung Bromo.

instagram/nellyandhanip
Wisatawan yang liburan ke Pasir Berbisik Gunung Bromo. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS) akan menerapkan booking (pemesanan) tiket online di kawasan Gunung Bromo.

Aturan booking (pemesanan) tiket online di kawasan Gunung Bromo mulai diterapkan pada tanggal 1 Desember 2019.

 

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS), John Kennedie menjelaskan, penerapan booking (pemesanan) tiket online ini sementara diberlakukan untuk pengunjung yang menggunakan tour organizer atau travel agent.

Mulai tanggal 1 Desember 2019 nanti, pengunjung dari travel agent tidak diperkenankan membeli tiket masuk ke kawasan Gunung Bromo secara on the spot.

Mulai 1 Desember 2019, Tiket Masuk ke Kawasan Bromo Dibeli Secara Online

Liburan Artis - Rehat dari Dunia Hiburan, Raffi Ahmad Sudah Kunjungi Padang hingga Gunung Bromo

"Jadi untuk pengunjung yang menggunakan travel agent atau tour organizer ini tidak dilayani pembelian tiket langsung di loket masuk," jelas John Kennedie, Selasa (19/11/2019).

Lantas bagaimana tanggapan Perhimpunan Travel Agen Jawa Timur (PITA Jatim) mengenai kebijakan pembelian tiket online di kawasan Gunung Bromo?

Para agent travel yang tergabung dalam Perhimpunan Travel Agen Jawa Timur (PITA Jatim) menyebut kebijakan pembelian tiket berwisata di Gunung Bromo secara online pada per 1 Desember 2019 yang menggunakan jasa tour, bukan menjadi persoalan.

Dwi Nusa Tour satu diantara agent travel yang tergabung dalam Perhimpunan Travel Agen Jawa Timur (PITA Jatim) justru merasa lebih praktis dengan adanya kebijakan tersebut.

5 Spot Wisata Keren di Gunung Bromo, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Traveler Perlu Tahu, Aturan Naik Balon Udara di Bromo

"Jika adanya sebuah sistem yang membuat kami-kami ini yang sebagai agent travel lebih mudah dalam melakukan pekerjaan kenapa tidak," kata Erna selaku Owner Dwi Nusa Tour, Selasa (19/11/2019) saat dihubungi wartawan TribunJatim.com melalui WhatsApp.

Erna menyebut, kebijakan pembelian secara online ini memberikan maksud yang baik, yaitu membuat para agent travel memesankan tiket konsumennya secara online.

"Dengan online berarti pihak pengelola Gunung bromo mengikuti era yang modern, hal ini sangat baik, karena zaman memang digital," ujar Erna.

Senada dengan Dwi nusa tour, i'Tours Surabaya yang merupakan juga agent travel yang tergabung dalam Perhimpunan Travel Agen Jawa Timur (PITA Jatim) mengungkapkan hal yang sama.

Ira Maria selaku Owner i'Tours Surabaya mengatakan, bahwa adanya kebijakan pembelian tiket secara online pada per 1 Desember 2019 yang menggunakan jasa tour berwisata di Gunung Bromo membuat pihaknya merasa aman serta efisien.

Pertama Kalinya, Ada Wisata Naik Balon Udara di Bromo

5 Fakta di Balik Rangkaian Ritual Yadnya Kasada Gunung Bromo

Ira Maria menuturkan, kebijakan ini sebenarnya membuat agent travel merasa aman, sebab pengalamannya selama ini tiket on the spot sering juga dimainkan.

"Bahkan dengan pembelian tiket secara online segala sesuatunya nanti pasti juga berdampak akan lebih efisien, lagian SDM para konsumen agent di Perhimpunan Travel Agen Jawa Timur (PITA Jatim) rata-rata juga baik semua, jadi bagi saya sistem digitalisasi seperti ini justru efisien," jelas Ira Maria. (Fikri Firmansyah/Aminatus Sofya)

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved