Rekomendasi Kuliner

Tidak Ingin Amis? Simak Tips Membuat Teh Telur Khas Padang

Teh telur atau teh talua merupakan salah satu minuman khas Padang, yang jika tidak diolah dengan tepat akan terasa amis dan tak sedap.

Tidak Ingin Amis? Simak Tips Membuat Teh Telur Khas Padang
Instagram/perantau.minang
teh talua 

TRIBUNTRAVEL.COM - Teh telur atau teh talua merupakan salah satu minuman khas Padang, yang jika tidak diolah dengan tepat akan terasa amis dan tak sedap.

Sesuai namanya teh talua terdiri dari teh yang dicampur dengan telur bebek.

Kunci dari amis atau tidaknya teh talua ialah dari cara memisahkan kuning dan putih telur bebek.

"Pokoknya yang paling penting adalah memisahkan betul-betul kuning telur dari putih telur. Karena yang membuat amis adalah putih telurnya,apalagi bagian putih terlur yang teksturnya kental," jelas Hedri Koto, penjual Teh Telur saat ditemui Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Proses membuatan teh telur cukup sederhana. Kamu dapat mencobanya di rumah.

Yang perlu disiapkan hanya sebutir telur bebek, teh kental, gula pasir, susu kental manis, kayu manis dan jeruk nipis.

TONTON JUGA


"Untuk telurnya dibuang putihnya, lalu tambah gulanya satu setengah sendok makan, lalu diaduk samapai merata, juga tambahkan serbuk kayu manis secukupnya" jelas pria asli Padang itu.

Tips lainnya adalah gunakan lidi atau tusuk sate sekitar 20-30 tusuk yang diikat menjadi satu saat mengocok kuning telur dan gula pasir.

"Biasanya pakai lidi, sulit kalau pakai garpu. Pakai lidi yang diikat satu agar mudah menghancurkan gula pasirnya," jelas Hedri yang sehari-harinya menyuguhkan teh talua.

Segelas teh talua di sebuah warung pinggir Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (13/5/2015). Segelas teh talua dipatok harga sebesar Rp6.000.
Segelas teh talua di sebuah warung pinggir Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (13/5/2015). Segelas teh talua dipatok harga sebesar Rp6.000.(KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo)
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved