Ini Imbauan Polres Mimika untuk Wisatawan yang Akan Mendaki Gunung Carstensz

Polres Mimika Papua mengeluarkan surat imbauan mempertimbangkan layanan wisata pendakian kepada operator pendakian Gunung Carstensz

Ini Imbauan Polres Mimika untuk Wisatawan yang Akan Mendaki Gunung Carstensz
Dok. PAT Adventure via Kompas.com
Pendaki di Gunung Carstensz Papua. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kepolisian Resor (Polres) Mimika Papua mengeluarkan surat imbauan mempertimbangkan layanan wisata pendakian kepada operator pendakian Gunung Carstensz pada Senin (30/9).

Keamanan dan keselamatan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara menjadi salah satu dasar surat imbauan.

"Bahwa dalam rangka mengantisipasi adanya potensi gangguan keamanan dan guna menjamin keselamatan para wisatawan asing khususnya yang bermaksud memasuki area terbatas termasuk puncak Gunung Carstensz Pyramide," kata Kapolres Mimika, Agung Marlianto seperti dikutip dari surat imbauan.

Agung mengimbau seluruh operator perjalanan wisata, maskapai, dan penyedia layanan transportasi udara di Bandara Mozes Kilangin Timika untuk mempertimbangkan perjalanan wisata pendakian ke daerah Ilaga, Nduga, Sugapa, dan Base Camp Carstensz Pyramide.

Tonton juga:

7 Fakta Unik Wamena, Kota Kecil di Papua yang Berjuluk Mutiara Hitam

3 Taman Nasional di Papua yang Menarik Dikunjungi

Ia juga mengimbau seluruh pihak untuk terus berkomunikasi dengan TNI dan Polri untuk mendukung fungsi kontrol dan pengawasan terhadap mobilitas Warga Negara Asing (WNA) agar terhindar dari ancaman dan gangguan.

Denny Engka, perwakilan operator pendakian dari Carstensz Expedition, membenarkan adanya surat imbauan pendakian Gunung Carstensz kepada operator pendakian.

Menurutnya, surat imbauan dikeluarkan terkait dengan kondisi kerusuhan Wamena dan Oksibil.

"Sudah ada rapat antara operator atau travel agent dengan imigrasi, Mabes Polri, urusan orang asing dan instasi terkait bahwa ijin pendakian tidak bisa diproses sampai Papua kondusif.

Cara Membuat Visa Taiwan di Surabaya, Khusus Penduduk Jawa Timur, Bali hingga Papua

8 Kuliner Ekstrem di Indonesia, Cobain Kenyalnya Ulat Sagu Khas Papua

Dan surat himbauan keluar pas Wamena dan Oksibil pecah kerusuhan," kata Denny saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/10).

Denny mengatakan surat imbauan dari Polres Mimika merupakan kali kedua yang diterima operator pendakian.
Sesuai dengan kebijakan kepolisian daerah, lanjut Denny, pendakian Gunung Carstensz tak akan diizinkan bila kondisi area Timika sedang tak aman.

"Harapan besar, semoga dalam waktu dekat ini Papua sudah kondusif," tambahnya.

Surat imbauan pendakian ke Gunung Carstensz dari Kepolisan Resor Mimika Papua.
Surat imbauan pendakian ke Gunung Carstensz dari Kepolisan Resor Mimika Papua. ((Istimewa))

Gunung Cartensz dengan ketinggian 4.884 mdpl termasuk ke dalam tujuh puncak tertinggi di lempengan benua, bersama Gunung Everest, Asia; Kilimanjaro di Afrika dengan ketinggian 5.885 mdpl; Elbrus di Eropa dengan ketinggian 5.642 mdpl.

Kemudian, Aconcagua di Amerika Selatan dengan ketinggian 6.962 mpdl; Mckinley di Amerika Utara dengan ketinggian 6.670 mdpl, dan Vinson Massif di Antartika dengan ketinggian 5.535 mdpl.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerusuhan Papua, Polres Mimika Keluarkan Imbauan Pendakian Carstensz"

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved