Kabin Pesawat Dipenuhi Asap, Penumpang Maskapai Ini Dievakuasi Lewat Balon Seluncuran Darurat

Dalam rekaman video yang diambil penumpang pesawat, tampak jelas asap berwarna putih yang memenuhi kabin dan mengganggu penglihatan.

Kabin Pesawat Dipenuhi Asap, Penumpang Maskapai Ini Dievakuasi Lewat Balon Seluncuran Darurat
Flickr
Vueling Airlines 

TRIBUNTRAVEL.COM - Asap mendadak memenuhi kabin pesawat dalam penerbangan Vueling Airlines yang berangkat dari Malaga menuju Barcelona pada Jumat (13/9/2019) pekan lalu.

Para penumpang dibuat kesulitan bernapas dengan pihak maskapai tampaknya tidak menyediakan masker gas bagi para penumpang.

Salah seorang staf penerbangan bahkan hanya meminta kepada para penumpang untuk menutup hidung mereka dengan tangan sementara pesawat melakukan prosedur pendaratan darurat.

Dalam rekaman video yang diambil penumpang pesawat, memperlihatkan suasana di dalam kabin pesawat saat insiden terjadi.

Tampak jelas asap berwarna putih yang memenuhi kabin dan mengganggu penglihatan.

Tangkapan layar rekaman video yang menunjukkan asap di dalam kabin pesawat Vueling Airlines.
Tangkapan layar rekaman video yang menunjukkan asap di dalam kabin pesawat Vueling Airlines. (DAILYSTAR / YOUTUBE)

Dalam rekaman lainnya, menunjukkan saat proses evakuasi penumpang berlangsung, yang memperlihatkan para penumpang satu persatu meluncur turun dari pesawat menggunakan balon seluncuran darurat.

Diberitakan Daily Star, asap tersebut mulai muncul dan dengan cepat memenuhi kabin pesawat sekitar 20 menit menjelang pendaratan.

5 Ciri-ciri Penumpang yang Bisa Langsung Dikenali Pramugari Saat Masuk Pesawat

Penyelidikan masih dilakukan guna mengetahui asal asap, namun dugaan sementara mengarah pada plastik yang terbakar, meski tetap belum diketahui bagaimana api muncul.

Salah seorang perwakilan penumpang mengatakan bahwa mereka diminta menutup hidung dan membungkuk dengan kepala di antara kaki selama proses pendaratan darurat berlangsung.

"Beberapa orang mengalami serangan panik, terutama ketika pesawat itu telah mendarat, seluncur darurat tidak segera diaktifkan dan ada asap konsentrasi tinggi di kabin yang membuatnya sulit bernapas," kata Javier Calderon kepada surat kabar Spanyol, El Pais.

Pesawat Airbus A320-200N milik maskapai penerbangan Vueling Airlines itu berangkat dari bandara Malaga dengan tujuan bandara El Prat di Barcelona.

Rahasia Pramugari Selalu Tampil Cantik dan Fresh Selama Penerbangan

LIHAT JUGA:

Pesawat sempat akan dialihkan namun karena bandara tujuan merupakan yang terdekat dan paling aman, penerbangan dilanjutkan hingga tujuan dan mendapat izin prioritas mendarat.

Pesawat dapat mendarat dengan selamat dan para penumpang tidak mengalami cedera, meski harus turun melalui seluncuran darurat.

7 Perilaku Buruk Penumpang di Pesawat, Lempar Mi Panas ke Wajah Pramugari

Saat pesawat mendarat di Barcelona, cuaca sangat berangin sehingga menyulitkan saat hendak membuka parasut seluncuran darurat.

"Vueling Airlines sedang menyelidiki insiden tersebut dengan pihak berwenang untuk menentukan penyebabnya. Namun seluruh penumpang dapat dievakuasi dengan aman," kata laporan pihak maskapai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kabin Pesawat Vueling Airlines Dipenuhi Asap, Diduga Akibat Plastik Terbakar.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved