10 Kota Paling Layak Huni di Kawasan Asia-Australia, Destinasi Favoritmu Termasuk?

Setidaknya 14 kota di Asia dan Australia mendapatkan nilai paling tinggi sebagai kota layak huni, dipimpin oleh Melbourne dan Sydney

10 Kota Paling Layak Huni di Kawasan Asia-Australia, Destinasi Favoritmu Termasuk?
australia.com
Melbourne, Australia. 

TRIBUNTRAVEL.COM - The Economist Intelligence Unit (EIU) baru saja merilis laporan bertajuk Global Liveability Report 2019 yang mengukur kelayakan huni 140 kota di dunia.

Mengutip laporan EIU, Rabu (4/9/2019), secara regional, dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa sebaran kelayakan huni di kawasan Asia- Australia cenderung tak konsisten karena kondisi di setiap negara kawasan tersebut sangat beragam.

Dengan skor rata-rata 73,1 dari 100, kota-kota di kawasan Asia dan Australia masuk di dalam daftar baik 10 terlayak huni hingga 10 kota paling tidak layak huni.

Sebagai contoh, Melbourne yang terletak di Australia menjadi kota paling layak huni di dunia selama tujuh tahun berturut-trut sejak 2011, sementara Dhaka yang terletak di Bangladesh selalu berada di posisi terendah indeks kelayakan huni.

Sebanyak 37 kota di Asia dan Autsralia masuk di dalam daftar indeks tersebut, degan lima kota masuk dalam daftar paling layak huni dan enam kota lainnya masuk dalam daftar 20 kota paling tidak layak huni di dunia.

Tonton juga:

Lee Seung Gi Cobain Cenil, Jajanan Tradisional Buatan Mbah Satinem Ini Wajib Dicoba

Hari Pelanggan Nasional, PT Angkasa Pura II Bagikan Jajanan Pasar Gratis di Bandara Soekarno-Hatta

7 Tempat Wisata di Jogja yang Pernah Dikunjungi Seleb Korea

Festival Payung Indonesia yang Digelar di Candi Prambanan Bakal Hadirkan Berbagai Acara Menarik

Setidaknya 14 kota di Asia dan Australia mendapatkan nilai paling tinggi sebagai kota layak huni, dipimpin oleh Melbourne dan Sydney yang menduduki posisi kedua dan ketiga dalam indeks dunia, dengan Adelaide di posisi ke-10.

Sementara dua kota di Jepang, Osaka dan Tokyo juga berada dalam daftar 10 terlayak huni, dilatarbelakangi rendahnya tingkat kejahatan juga kualitas layanan kesehatan dan pendidikan yang sangat baik.

"Sementara kawasan regional seperti Hongkong (posisi 38 dunia dengan skor 91,30 dan Singapura (posisi 40 dunia dengan skor 91,2) juga memiliki kinerja perkotaan yang baik, tercermin sebagai lokasi aktivitas bisnis global yang didukung dengan infrastruktur berkualitas tinggi dan budaya yang begitu kaya serta kegiatan rekreasi," jelas EIU dalam laporannya.

Adapun China dalam masa kepemimpinan Presiden Xi Jinping menikmati kondisi politik dan sosial yang relatif stabil, meski terdapat kampanya anti korupsi yang kian aktif terjadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved