Presiden Jokowi Sebut 6 Masalah Utama Tempat Wisata di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat ada enam masalah yang harus segera diselesaikan setelah mengunjungi lima tempat wisata di Indonesia.

Presiden Jokowi Sebut 6 Masalah Utama Tempat Wisata di Indonesia
Presidential Palace/Agus Suparto
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (11/07/2019).Tujuan kedatangan Presiden adalah penataan kawasan Pulau Rinca yang terkenal dengan komodo untuk peningkatan palayanan sehingga semakin banyak menarik turis domestik dan asing untuk berkunjung. (Presidential Palace/Agus Suparto) 

TRIBUNTRAVEL.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat ada enam masalah yang harus segera diselesaikan setelah mengunjungi lima tempat wisata di Indonesia.

Menurut Jokowi, tiga tahun lalu pemerintah menginginkan pembangunan 10 destinasi baru atau Bali baru dan saat ini baru bisa memberikan prioritas terhadap lima tempat wisata terlebih dahulu.

Setelah mengunjungi tempat wisata tersebut, kata Jokowi, ada enam masalah. Pertama, masih ada problem pengaturan dan pengendalian tata ruang yang masih harus dibenahi.

Kedua, berkaitan akses konektivitas menuju destinasi wisata. Dimana, infrastruktur yang ada masih banyak yang perlu dibenahi, baik berupa terminal bandara, landasan pesawat, dermaga pelabuhan, dan konektivitas jalan menuju tempat wisata.

"Saya lihat misalnya di Labuan Bajo, Manado, ini semua perlu dibenahi secepatnya. Saya sudah sampaikan pada menteri, tahun depan harus diselesaikan, karena memang ada peluang besar bagi kita untuk menarik wisatawan dari mancanegara yang diharapkan menghasilkan devisa sebanyak-banyaknya," papar Jokowi.

Persoalan ketiga, kata Jokowi, fasilitas yang tersedia di lokasi wisata seperti toilet dan tempat makan agar segera diperbaiki dengan standar maksimal oleh pemerintah daerah.

"Saya minta pemerintah provinsi turun ke bawah, kabupaten/kota diajak membenahi, sehingga orang masuk betul-betul diberikan pelayanan yang baik," ucapnya.

Kemudian, Jokowi juga menyoroti kualitas sumber daya manusia agar ditingkatkan, dimana pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama memberikan traning kepada masyarakat sekitar yang bekerja di sektor pariwisata.

"Semua diberikan training sehingga bisa betul-betul mampu melayani wisatawan dengan baik dengan ramah tamah, melayani dengan senyuman, dan ini akan memberikan dampak yang baik," ujarnya.

Selanjutnya, Jokowi meminta kegiatan budaya lokal agar lebih ditampilkan dan dipercantik lagi, misalnya pakaian atau kostumnya dibuatkan oleh desainer terbaik.

"Keenam, promosi dilakukan secara besar-besaran, sehingga betul-betul kita mendapatkan manfaat dan multiplayer efek besar dan efek pertumbuhan bagi ekonomi daerah," ucap Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Sebut Ada Enam Masalah Seusai Tinjau 5 Tempat Wisata

Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved