6 Festival Menarik di NTT Selama Juli 2019

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Wayan Darmawa mengemukakan pemerintah setempat akan menggelar sebanyak enam festival pada Juli 2019.

6 Festival Menarik di NTT Selama Juli 2019
KOMPAS.com / MARKUS MAKUR
Petarung Caci atau Sasi di Kampung Noa, Desa Golondoal, Kecamatan Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Flores, NTT, September 2018 lalu sedang mementaskan tarian caci atau Sasi untuk ungkapan syukur atas peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Mikael Noa 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Wayan Darmawa mengemukakan pemerintah setempat akan menggelar sebanyak enam festival pada Juli 2019.

"Ada enam festival yang akan digelar pada Juli ini, di antaranya menyebar di Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Alor," kata Wayan di Kupang, Senin (1/7/2019)

Berikut 6 festival di NTT pada Juli 2019:

1. Festival Inerie di Kabupaten Ngada pada 2-10 Juli.

2. Festival Etu di Kabupaten Nagekeo pada 10-15 Juli.

3. Festival Caci di Kabupaten Manggarai pada 16-17 Juli.

4. Festival Florata di Kabupaten Manggarai Barat pada 29 Juli-2 Agustus.

5. Festival Tenun Ikat yang digabungkan dengan Parade Kuda Sandelwood di Kabupaten Sumba Timur pada 12-13 Juli.

6. Festival Memanggil Ikan Dugong di Kabupaten Alor, Pulau Alor.

Presiden Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017). NTT juga akan menggelar perhelatan internasional bertajuk Tour de Flores pada 14-20 Juli 2017. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya dan Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu.
Presiden Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017). NTT juga akan menggelar perhelatan internasional bertajuk Tour de Flores pada 14-20 Juli 2017. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya dan Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu.(RAIYANI MUHARAMAH)

Ia menjelaskan selain festival akan digelar sejumlah kegiatan penting mendukung pariwisata seperti Tinju The Border Battle di Kota Kupang 5-7 Juli dan Labajo Ring Of Beauty di Manggarai Barat untuk mendukung pelaksanaan tinju internasional Piala Presiden di daerah setempat.

 Wayan menjelaskan, ke-6 festival itu dilaksanakan dengan tema beragam dan diinisiasi bersama pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan swasta.

Menurut dia, pelaksanaan sejumlah kegiatan besar ini merupakan modal penting dalam pemasaran destinasi wisata NTT sebagai provinsi dengan destinasi kelas dunia terbanyak di Indonesia.

"Durasi waktu festival yang lebih panjang juga akan membuka peluang peningkatan kunjungan wisatawan. Selain itu jumlah destinasi yang lebih banyak bisa memicu lama tinggal wisatawan," katanya.

Para penunggang kuda, saat melakukan atraksi dalam kegiatan Parade Kuda Sandalwood di Kota Waikabubak, Sumba Barat, Sabtu (7/7/2018).
Para penunggang kuda, saat melakukan atraksi dalam kegiatan Parade Kuda Sandalwood di Kota Waikabubak, Sumba Barat, Sabtu (7/7/2018).(KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE)

Wayan menjelaskan, pelaksanaan festival yang meningkat pada 2019 sebagai bagian dari respon terhadap promosi wisata sekaligus menunjukkan aksi saling mendukung dari berbagai pihak.

"Karena untuk lebih efektif mendatangkan wisatawan maka jumlah event penting disertai peningkatan kualitas pelaksanaannya sehingga mampu mencapai standar lebih tinggi," tambah Wayan Darmawa.

12 Rekomendasi Kuliner Lezat di Semarang Menurut Warga Lokal

Lelah Berburu Embun Es di Dieng? Jangan Lupa Mencoba Hangatnya Mi Ongklok

Daftar Negara dengan Pengeluaran Liburan Terbesar dan Terkecil di Asia Pasifik

4 Fakta Seputar Turbulensi Pesawat, Termasuk Penyebab dan Tindakan Pilot

Menikmati Lantunan Dolo-dolo di Adonara Flores

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Apa Saja 6 Festival di NTT pada Juli 2019?

Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved