Melihat Keindahan Masjid Al Safar Karya Ridwan Kamil

Mengenal dan melihat keindahan dari Masjid Al Safar karya Ridwan Kamil yang berlokasi di area Tol Purbaleunyi kilometer 88 arah Jakarta.

Melihat Keindahan Masjid Al Safar Karya Ridwan Kamil
Ig/ridwankamil
Masjid Al Safar 

TRIBUNTRAVEL.COM - Mengenal dan melihat keindahan dari Masjid Al Safar karya Ridwan Kamil yang berlokasi di area Tol Purbaleunyi kilometer 88 arah Jakarta.

Masjid Al Safar adalah masjid yang mempunyai fasilitas ibadah terbesar yang dibangun di rest area se-Indonesia.

Hal ini dikarenakan Masjid Al Safar mempunyai luas area yang mencapai 6 ribu meter persegi, sedangkan masjid pada umumnya memiliki luas sekitar 900 meter persegi.

Karena luas area tersebut, masjid ini dapat menampung hingga 1.200 jemaah.

Masjid Al Safar
Masjid Al Safar (Ig/muhammad.tfn)

Selain itu, Masjid Al Safar memiliki beragam fasilitas pendukung seperti toilet, tempat wudhu, taman hingga kolam, sehingga tidak membuat pengunjung yang datang tidak bosan.

Satu hal yang membuat Masjid Al Safar populer adalah lantaran desainnya yang asimetris, kemudian masjid ini memiliki desain yang memanfaatkan pemandangan perbukitan di sekitar bangunan.

Tak sedikit juga yang menyebut desain bangunan ini mirip ikat kepala masyarakat Sunda dengan menggunakan konsep sculpture atau pahatan.

Masjid Al Safar memiliki bentuk yang asimetris dengan gaya arsitektur dekontruksi dengan beragam bentuk dari geometri di dalamnya.

Sedangkan untuk desain interior di dalamnya diterapkan bukaan kaca yang berbentuk segi empat dengan pola khusus dan lampu dinding di antara dua bidang sebagai sumber cahaya malam hari.

Keunikan lainnya dari Masjid Al Safar dibandingkan dengan masjid lainnya adalah jika biasanya masjid memiliki kubah, berbeda dengan Masjid Al Safar.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved