Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura Setelah Beredar Ancaman Bom

AU Singapura mengirim dua jet tempur untuk mengawal pesawat maskapai Scoot setelah beredar ancaman bom di dalamnya.

Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura Setelah Beredar Ancaman Bom
snowsbest.com
Scoot. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Angkatan Udara Singapura menyatakan mengirim dua jet tempur untuk mengawal pesawat maskapai Scoot setelah beredar ancaman bom di dalamnya.

Pesawat Scoot dengan nomor penerbangan TR385 tengah terbang dari Cebu, Filipina, pada Minggu (2/6/2019) waktu setempat.

Seperti diberitakan Mothersip, terdapat 144 penumpang yang tengah berada dalam penerbangan itu ketika polisi mendapati laporan adanya ancaman bom.

AU Singapura pun langsung menerjunkan dua jet tempur F-15.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam keterangan di Facebook menyatakan pemerintah menangani ancaman itu dengan serius hingga melakukan pengawalan.

Juru bicara maskapai Scoot kepada Straits Times via BBC menuturkan, pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Changi pada pukul 16.49 waktu setempat.

"Seluruh 144 penumpang dan enam kru telah dikeluarkan dengan selamat. Saat ini, mereka tengah menjalani pemeriksaan keamanan di bagian kedatangan," kata juru bicara itu.

Media lokal memberitakan, setelah dilakukan pemeriksaan nampaknya ancaman bom itu merupakan kabar hoaks dan diciptakan oleh penumpang berusia 13 tahun.

Seorang penumpang bernama Schemuel Ryaile mengunggah foto di media sosial di mana jet tempur F-15 terbang di sisi pesawat hingga mendarat di Changi.

Dia mengaku para penumpang lain tidak mendapat pemberitahuan akan adanya ancaman bom hingga mendarat.

Dia baru mengetahui setelah membaca koran keesokan harinya.

Jet itu, kata Ryaile, terbang sekitar 40 menit selama pesawat berada di udara dan berputar di kawasan Desaru, Sungei Lebam, maupun kilang minyak.

"AU Singapura tetap menganggap ancaman apapun secara serius hingga terbukti sebaliknya. Garda udara Singapura bakal terus mempertahankan kewaspadaan," tegas Ng.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Ancaman Bom, Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved