Aceh Culinary Festival 2019 Sajikan 1000 Macam Variasi Makanan dan Minuman

Aceh Cullinary Festival 2019 akan diselenggarakan di Taman Sulthanah Safiatuddin, Lampriek, Banda Aceh, 5- 7 Juli 2019.

Aceh Culinary Festival 2019 Sajikan 1000 Macam Variasi Makanan dan Minuman
SERAMBI/M ANSHAR
Sebanyak 20 kuah belangong dimasak dalam Aceh Culinary Festival di Lapangan Blangpadang, Rabu (11/5/2016). Aceh Culinary Festival tahun ini mengangkat tema 'Melestarikan Budaya dan Tradisi Legenda Kuliner Aceh.' 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh memilih 'The Authentic Food Experience' sebagai tema even kuliner tahunan ini.

Aceh Cullinary Festival 2019 akan diselenggarakan di Taman Sulthanah Safiatuddin, Lampriek, Banda Aceh, 5- 7 Juli 2019.

"Kita memiliki 8 etnis yang tersebar di 23 kabupaten dan kota. Jadi jenis kuliner kita sangat banyak, unik, dan otentik. Ini yang coba kita jaga dan lestarikan”, jelas Jamaluddin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Rabu (22/5/2019).

Festival yang akan diselenggarakan selama 3 hari ini akan diisi berbagai acara menarik seputar kuliner. Di antaranya The Food Market, pameran kuliner yang menawarkan 1000 macam variasi makanan dan minuman di 6 zona utama.

Zona tersebut yaitu Zona Rumoh Makan Aceh, Aceh Food Market, Nusantara Food Market, The World Gourmet, Fusion Food, dan Food Innovation.

Ada lagi berbagai kelas menarik seputar kuliner akan mengisi kegiatan Culinary Camp yang berisi 50 sesi demo masak, workshop, dan diskusi mengenai kuliner.

Kelas-kelas kuliner ini akan menambah pengetahuan pengunjung tentang kuliner Aceh mulai dari bahan baku, bumbu, hingga proses memasak serta cerita di balik hidangan istimewa tersebut.

Untuk itu, kata Jamaluddin, pihaknya mendatangkan ahli kuliner mulai dari chef, researcher, food eriter, food vlogger, blogger, food photographer, gastronomist, food stylist, hingga mixologist berskala lokal, nasional, dan internasional guna mengisi acara tersebut.

Festival Kuliner Aceh tidak lengkap rasanya tanpa ajang khanduri.

Khanduri adalah budaya makan bersama yang sangat kental di Aceh. Hampir semua siklus hidup masyarakat Aceh dirayakan dengan khanduri.

"Tahun ini pun, panitia telah menyiapkan berbagai khanduri yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Salah satunya adalah Khanduri Bu Prang, santapan khas sarapan di Aceh," imbuh Jamaluddin.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Aceh Culinary Festival 2019 Angkat Tema 'Citarasa Otentik'

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved