Waisak 2019, Ribuan Lampion Diterbangkan dari Candi Borobudur Bawa Pesan Perdamaian

Ribuan lampion diterbangkan dari halaman Candi Borobudur dan Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur di Kabupaten Magelang pada Sabtu (19/5/2019)

Waisak 2019, Ribuan Lampion Diterbangkan dari Candi Borobudur Bawa Pesan Perdamaian
TRIBUN JATENG/M NUR HUDA
Ribuan lampion diterbangkan dari halaman Candi Borobudur di Kabupaten Magelang pada Sabtu 19/5/2019) malam pada puncak peringatan Tri Suci Waisak 2563BE/2019. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Ribuan lampion diterbangkan dari halaman Candi Borobudur dan Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur di Kabupaten Magelang pada Sabtu (19/5/2019) malam pada puncak peringatan Tri Suci Waisak 2563BE/2019.

Tahun ini, pelepasan lampion dilaksanakan dua sesi, sesi pertama pukul 21.00 WIB dan sesi kedua sekitar pukul 23.00 WIB.

Pembagian dua sesi ini karena tingginya ummat Buddha yang ingin turut serta melaksanakan prosesi tersebut.

Sebelum pelepasan lampion, dilakukan meditasi serta ritual doa-doa atau harapan pada perdamaian di Indonesia dan perdamaian dunia, yang dipimpin para pemuka agama Buddhis.

Pada puncak peringatan Tri Suci Waisak 2019 tingkat nasional dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pengamanan ketat diberlakukan pada seluruh rangkaian Waisak dan puncak peribgatannya di kawasan Candi Borobudur.

Sebelumnya, seperti ritual-ritual yang telah dilaksanakan tiap Waisak, dilaksanakan pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit, Parakan, Temanggung dan pengambilan api alam dari Mrapen, Grobogan Jawa Tengah.

Kedua seluruhnya dibawa ke Candi Mendut.

Kemudian api abadi dan air berkah dari Candi Mendut dikirab menuju Candi Borobudur, diikuti oleh ummat Buddhis.

Pada detik-detik Waisak ditandai dengan pemukulan gong tiga kali dan pemercikan air berkah serta membacakan Paritta Jayanto dan umat bersikap anjali.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved