Rekomendasi Kuliner

9 Kuliner yang Wajib Dicoba saat Liburan ke Palembang, Jangan Lupa Mencoba Segarnya Es Kacang Merah

9 Kuliner yang Wajib Dicoba saat Liburan ke Palembang, Jangan Lupa Mencoba Segarnya Es Kacang Merah

9 Kuliner yang Wajib Dicoba saat Liburan ke Palembang, Jangan Lupa Mencoba Segarnya Es Kacang Merah
Instagram/dentist.chef
Es kacang merah 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kuliner adalah salah satu hal yang tak ada habisnya untuk dibahas.

Apalagi bagi kalian para netter yang mempunyai hobi kuliner.

Salah satu menu makanan yang pas untuk dicoba adalah makanan khas Palembang.

TONTON JUGA

Makanan khas Palembang atau kerap disebut kuliner khas Palembang memang membuat sebagian netizen tergiur.

Membayangkan salah satunya saja mungkin bikin pecinta kuliner jadi ngiler.

Terlebih jika kalian sudah melihat semuanya.

Nah jika anda berkunjung ke kota Palembang, kesempatan pertama yang harus kalian gunakan adalah mencicipi satu per satu kulinernya.

Dijamin anda akan sehat, lidah anda akan dipuaskan dan perut anda kenyang.

Tapi harus dipastikan memiliki isi kantong yang cukup ya, karena hampir diseluruh sudut di kota Palembang, anda akan melihat makanan khas Palembang atau lebih kerennya disebut kuliner khas Palembang.

Seperti pempek, mie celor, tekwan dan model, pindang, es kacang merah, martabak HAR, pindang patin, hingga kerupuk dan kemplang yang juga khas Palembang.

Maka itu ada beberapa rekomendasi makanan khas atau kuliner khas Palembang yang perlu diketahui.

Berikut nama dan tempat-tempat recomended yang mudah dikunjungi.

Atau bisa jadi tempat-tempat ini hanya beberapa orang saja yang tahu.

Dihimpun sripoku.com, ini menu makanan khas Palembang yang memiliki cita rasa berbeda.

Selain rasanya enak dan gurih, harganya pun terjangkau dan sedikit lebih murah.

Dan dijamin kualitas makanan ini tetap terjaga. Meski bukan murahan.

Nah, ini menu kuliner khas Palembang yang perlu anda cicipi jika sudah tiba di Palembang atau bagi teman-teman dari luar kota Palembang yang akan ke kota Jembatan Ampera ini.

1. Pempek

Memang pempek adalah makanan khas yang paling banyak disebut jika para wisatawan ke Palembang.

Makanan ini memang menjadi makanan favorit dan penduduk Palembang dan sekitarnya sangat menyukai makanan, dijadikan menu sarapan pagi bahkan makanan sore.

Yuk langsung di kota Palembang. Ada Pempek Pak Raden, Lince, kemudian Candy, Nony yang paling mudah didapatkan, karena di sepanjang Jl Jenderal Sudirman anda akan mendapati rumah makan khas Pempek Palembang.

pempek embool
pempek embool (SRIPOKU.COM/TRESIA SILVIANA)

Pempek Lince, Lebih uniknya lagi, Pempek Lince turut menyediakan pempek yang dibakar dan dipanggang.

Bahkan, salah satu maskapai ternama di dunia yaitu Singapore Airlines pernah mengklaim bahwa Pempek Lince merupakan pempek yang paling enak dibandingkan pempek lainnya.

Kalau kamu sudah nggak sabar pengin coba Pempek Lince, kamu bisa kunjungi kedai Pempek Lince yang terletak di jalan Tugu Mulyono no. 2398, Palembang.

Ada pula pempek Sentosa, pempek khas ini bisa anda dapatkan di Jalan A Yani Plaju.

 

2. Tekwan

Selanjutnya Tekwan. Eitt jangan tanya asal kata Tekwan, buka pula berasal dari dua kata Tek dan Wan, tetapi sebut saja langsung tekwan, karena memang begitulah turun temurun makanan khas berkuah gurih ini disebut pada penggmarnya.

Bahan dan cara pembuatan tekwan mirip dengan pempek, tapi tekwan berkuah.

Tekwan
Tekwan (Sripoku.com/PAIRAT)

Biasanya, tekwan juga dihidangkan bersama bengkuang, jamur kuping, udang, dan soun. Sebaiknya sih, tekwan dinikmati ketika masih hangat, karena rasanya akan sangat gurih.

Tekwan juga mudah didapatkan, karena rumah-rumah makanan khas kuliner Palembang seperti Pempak Pak Raden, Nony, Candy, Pempak Sentosa memang menjual dalam satu paket atau terpisah, tetapi bisa dijumpai.

Anda bisa mendapatkannya di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman atau di Jalan Radial Pempak Pak Raden atau ada pula di Centra Pempek di kawasan 26 Ilir.

Tekwan yang sudah dikeringkan lengkap dengan bumbunya juga ada, bahkan ada tips cara memasaknya jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah.

3. Mi Celor

Nah ini dia yang pastinya akan membuat anda tidak akan bisa melupakannya.

Berbeda dengan sajian mi dari kota-kota lain di Indonesia. Mi celor adalah sajian mi dengan kuah santan kental dan kaldu udang.

Uniknya, proses memasak mie bukan direbus, tapi hanya diseduh dengan air panas. Mi celor disajikan dengan potongan udang, telur, toge, daun seledri, dan bawang goreng.

Mie Celor Kongdjie Coffe
Mie Celor Kongdjie Coffe (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Kedai mie celor paling tersohor di Palembang ada di Mie Celor 26 Ilir Palembang H.M Syafei Z yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan No 2 – 26 Ilir.

Cukup dengan harga Rp 15 ribu* per porsi, kamu bisa nikmati mie celor yang nggak ada tandingannya.

Di Jakarta juga ada kedai yang menjual mie celor yang nggak kalah terkenal, yaitu Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak yang terletak di jalan Biak No. 29 C, Roxy.

Es Kacang Merah

4. Es Kacang Merah

Wah kalau yang ini mungkin bukan makanan khas Palembang kali ya, tetapi di setiap rumah makanan khas kuliner Palembang pasti ada dan ini sebagai pelengkap.

Karena ketika anda mencicipi pempek dengan cuka-nya yang pedas, kemudian mencoba tekwan atau model dengan ditambahkan cabenya sebagai pelengkap, maka kiranya anda pasti akan mencoba es kacang yang khas.

Memang, Kacang merah memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti menguatkan tulang, mengeluarkan racun di dalam tubuh, mencegah dan mengontrol diabetes, menyehatkan jantung, mengatasi masalah pencernaan, dan menambah energi.

Kamu bisa menikmati manisnya es kacang merah di Warung Es Mamat yang terletak di Padang Selaksa depan Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Lapangan Hatta, Jalan Kebun Manggis. Es kacang merah Mamat.

5. Kerupuk dan Kemplang

Nah, ini yang kriuk-kriuk gurih dan lezat, makanan khas Palembang ini bisa didapatkan di Centra Pempak di Pasar 26 Ilir, atau ke tempat-tempat makanan khas kuliner Palembang.

Yati (59) menjajakan kerupuk-kemplang menggunakan Honda Brio di pinggir jalan kawasan Balap Sepeda Kampus Palembang, Jumat (16/2/2019).
Yati (59) menjajakan kerupuk-kemplang menggunakan Honda Brio di pinggir jalan kawasan Balap Sepeda Kampus Palembang, Jumat (16/2/2019). (SRIPOKU.COM/PAIRAT)

6. Model

Model, tetapi bukan profesi model catwalk ya. Model memang ada yang namanya model gandum dan model ikan.

Model gandum terbuat dari tepung dan menggunakan kaldu sapi, sedangkan model ikan berbahan dasar ikan dan tahu, dengan kaldu ikan atau udang.

Umumnya hidangan model dapat ditemui di rumah makan atau kedai yang menjual pempek.

Ada beberapa kedai pempek yang terkenal di Palembang yaitu Pempek Vico (jalan Letkol Iskandar no. 541-542), Pempek Candy (Jalan Sudirman No. 21), Pempek Leni (Petanang No.6875 C, Ilir Tim. I), dan lain-lain.

Yati (59) menjajakan kerupuk-kemplang menggunakan Honda Brio di pinggir jalan kawasan Balap Sepeda Kampus Palembang, Jumat (16/2/2019).

7. Nasi Goreng Merah

Nah ini dia, nasih goreng merah.

Berbicara kuliner Palembang, nggak hanya soal pempek saja, kok.

Buat kamu yang belum tahu, Palembang juga terkenal dengan nasi goreng merah yang menggunakan buah tomat serta pasta atau saus tomat.

Rasanya pun cukup unik, ada sensasi rasa asam, manis, dan segar.

Nasi goreng merah yang cukup terkenal di Palembang adalah Nasi Goreng Slamet yang terletak di Depan Pasar Kuto, Jalan Segaran Kelurahan 9 Ilir.

8. Martabak Har

Martabak Har dimiliki oleh seorang saudagar Palembang asal India yang bernama Haji Abdul Razak.
Inovasi martabak telur yang disajikan dengan kuah kari ini sungguh nggak ada duanya.

Saat ini, Martabak Har sudah memiliki delapan cabang yang dikelola oleh anak dari Haji Abdul Razak. Kamu bisa kunjungi kedai Martabak Har yang pertama di jalan Jendral Sudirman 120/39.

Jika kamu lebih suka suasana yang lebih modern, kamu bisa kunjungi Martabak & Resto HAR milik cucu Haji Abdul rozak di Jalan Jendral Sudirman no. 2269.

Martabak HAR Palembang, Kuliner Khas Palembang Pecinta Kari Kental, Disini Tempat Belinya.
Martabak HAR Palembang, Kuliner Khas Palembang Pecinta Kari Kental, Disini Tempat Belinya. (Sripoku.com)

9. Pindang Patin

Pindang patin menjadi salah satu buruan kuliner kalau melancong ke Palembang.

Selain lezat, ikan patin yang menjadi bintang utama hidangan ini juga mengandung nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung, membantu pembentukan otot, menjaga kesehatan tulang, mencegah penumpukan lemak, dan lain-lain.

Terdapat beberapa destinasi kuliner pindang patin yang terkenal di Palembang, yaitu Rumah Makan Pindang Sri Melayu (jalan Demang Lebar Daun Palembang), Rumah Makan Pindang Bu Ucha (jalan Demang Lebar Daun No.14, Ilir Bar. I), dan Rumah Makan Pindang Musi Rawas (Jl. Angkatan 45 No.18, 12, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I).

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan kepengin cobain pindang patin khas Palembang, kamu bisa mampir ke Pondok Wong Palembang di Jalan Veteran 1, Jakarta Pusat, atau ke Restoran Sari Sanjaya yang cabangnya bisa ditemui di Kelapa Gading, Casablanca, dan Alam Sutera

Kenali 5 Jenis Kurma yang Paling Banyak Diburu saat Bulan Ramadan

Meski Mengandung Sianida, Ini 8 Manfaat Biji Markisa yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Terjebak 2 Malam dalam Kondisi Beku di Gunung Annapurna, Pendaki Malaysia Berhasil Diselamatkan

5 Tips Hemat saat Liburan ke Ancol, Jangan Lupa Manfaatkan Promo yang Berlaku

Promo April 2019 - TEGUK Tawarkan Promo Buy 1 Get 1 Hanya 2 Hari Saja, Cek Syaratnya

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul 9 Menu Makanan Khas Palembang dengan Cita Rasa Beda & Recomended untuk Dicoba, No 6 Suka Salah Kira

Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Sriwijaya Post
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved