Lakukan Studi Pembangunan LRT, Pemprov Jatim Tinggal Menunggu Keputusan Kemenhub

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Pemprov) sudah melakukan studi untuk membangun moda transportasi massal light rail transit (LRT).

Lakukan Studi Pembangunan LRT, Pemprov Jatim Tinggal Menunggu Keputusan Kemenhub
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA
Light Rail Transit (LRT) Palembang telah menetapkan sistem integrasi dengan BRT untuk menarik minat masyarakat, Jumat (22/2/2019). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Pemprov) sudah melakukan studi untuk membangun moda transportasi massal light rail transit (LRT).

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan, mengenai konsep LRT sudah komplit dan tinggal menunggu keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"(LRT) memang sangat mendukung karena selama ini di Surabaya angkutan massal enggak ada. Cuma ada komuter saja, itu pun sedikit," kata Fattah, Minggu (21/4/2019). 

Selama ini, kata Fattah, buka tutup perlintasan sebidang semakin intens dan menyebabkan kemacetan.

Pembangunan jalur LRT yang elevated (melayang, karena itu menjadi prioritas.

"Harus elevated supaya perlintasan sebidang di Margorejo itu teratasi. PT KAI setuju untuk relnya dibikin elevated seperti di Monas dan Gambir," ujarnya.

Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya Suryawan menginginkan agar LRT tersebut bisa menjangkau dan terhubung dengan sejumlah obyek vital di Surabaya.

Salah satunya, LRT terhubung dengan Bandara Internasional Juanda, kawasan MERR, dan Jalan Gubeng Surabaya.

"Karena kawasan tersebut banyak dilalui orang, dan memang tidak banyak transportasi publik yang bisa menjangkau itu," ujarnya.

Selain itu, LRT juga bisa menjangkau hingga ke Malang menuju Kecamatan Bangil, Pasuruan dan sebaliknya, dari Kecamatan Bangil, Pasuruan ke Stasiun Gubeng, Surabaya.

"Tetapi perperpanjangan jalur ke Malang ini masih wacana. Tetapi kita sudah diskusi dan akan mencoba untuk bisa diwujudkan," terang Suryawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pemprov Jatim Ajukan Pembangunan LRT ke Kemenhub.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved