Mengenal Tenzing-Hillary Airport, Bandara Paling Berbahaya di Dunia Dekat Gunung Himalaya, Nepal

Bandar Udara Lukla atau juga yang sering disebut Bandara Tenzing-Hillary adalah bandara paling ekstrim dan berbahaya di dunia.

Mengenal Tenzing-Hillary Airport, Bandara Paling Berbahaya di Dunia Dekat Gunung Himalaya, Nepal
www.instagram.com/mrtomreader
Lukla Airport, bandara paling ekstrim dan berbahaya di dunia 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandar Udara Lukla atau juga yang sering disebut Bandara Tenzing-Hillary adalah bandara paling ekstrem dan berbahaya di dunia.

Sesuai dengan namanya bandara ini berada di kota Lukla, di distrik Solukhumbu, Nepal Timur yang populer di kalangan pendaki Himalaya.

Bandara Lukla juga diberi nama Bandara Tenzing-Hillary untuk menghormati orang pertama yang mencapai puncak tertinggi Mount Everest di Pegunungan Himalaya.

Bandara Lukla semakin populer karena bandara ini adalah satu titik awal para pendaki yang ingin mendaki ke puncak Gunung Everest.

Punya Landasan Pacu yang Pendek, Inikah Bandara Paling Ekstrem di Nepal?

Disebut sebagai bandara ekstrem karena bandara ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi sehingga memiliki kondisi oksigen yang sangat minim dengan suhu udara yang berubah-ubah.

TONTON JUGA

Tidak hanya itu, landasan pacu bandara ini sangat pendek dan miring sehingga bandara ini ditetapkan sebagai Bandara paling ekstrem di dunia versi History Channel.

Kondisi cuaca di Bandara Lukla juga sangat ekstrem, angin kencang, awan yang menutupi dan juga jarak pandang yang sering berubah-ubah sehingga kadang banyak penerbangan yang ditunda.

Tidak hanya ekstrem, Bandara Lukla juga dikenal berbahaya sehingga dilindungi dengan pagar rangkaian rantau dan dijaga oleh polisi bersenjata Nepal sepanjang waktu.

Intip Potret Gading Marten dan Sophia Latjuba Liburan di Nepal

Bandara Lukla juga terkenal dengan bandara terpendek dan tertinggi di dunia, terletak di ketinggian 2.700 mdpl dengan panjang landasan 450 meter dengan lebar 20 meter.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved