4 Jenis Tanaman Obat Ini Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah, Berikut Khasiatnya

Berikut empat jenis tanaman obat yang telah dikaji oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional

4 Jenis Tanaman Obat Ini Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah, Berikut Khasiatnya
Organic Facts
Jahe, bawang putih, dan madu yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti cuka apel dan lemon memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pekarangan rumah bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk menanam berbagai macam tanaman. Bisa untuk menanam berbagai bunga, bisa juga dibuat kolam atau untuk menanam berbagai macam tanaman obat yang berkhasiat.

Namun di antara sekian banyak jenis obat, manakah tanaman obat yang paling tepat ditanam di pekarangan?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah merilis empat jenis tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional.

Inilah yang bisa Anda jadikan rujukan untuk memilih jenis tanaman obat tersebut.

Berikut empat jenis tanaman obat yang telah dikaji oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemenkes pada 2017.

1. Lengkuas

ilustrasi
ilustrasi (foodrepublic.com)

Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dijadikan alternatif obat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu dan kutu air.

Bagi penderita penyakit kulit, disarankan untuk memilih jenis lengkuas putih dan lengkuas merah yang diambil bagian rimpang (akar tinggal atau sisa serabut).

Proses penggunaan lengkuas bisa dilakukan dengan menumbuk dan menghasilkan minyak atsiri sebagai antimikroba dan anti jamur.

"Cara pembuatannya dengan dihaluskan, kemudian diberi air secukupnya dan dioleskan pada bagian yang sakit," ujar Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes, dr Ina Rosalina saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (21/12/2018).

Kemudian, penggunaannya bisa dilakukan sehari sekali saja. Lengkuas merah juga efektif untuk menurunkan demam dengan meminum air perasan lengkuas merah dan ditambahkan madu.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved