Inilah Alasan Kenapa PT MRT Tak Sediakan Tempat Sampah di Stasiun

Direktur Utama PT MRT William P Sabandar mengungkapkan alasan mengapa pihaknya tak menempatkan tempat sampah di stasiun MRT.

Inilah Alasan Kenapa PT MRT Tak Sediakan Tempat Sampah di Stasiun
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga mengantri untuk menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus resmi beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi Minggu (24/3/2019). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Direktur Utama PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta William P Sabandar mengungkapkan alasan mengapa pihaknya tak menempatkan tempat sampah di stasiun MRT.

"Policy kami memang tidak menempatkan tempat sampah karena kami mau mengedukasi untuk jaga kebersihan. Kalau ada tempat sampah, orang akan cenderung untuk makan di dalam stasiun," kata dia, Jumat (29/3/2019).

Sebenarnya di stasiun MRT terdapat tempat sampah, tetapi hanya ditempatkan di toilet.

"Ada tempat sampah, tapi diletakkan di toilet, bukan di stasiun. Kami mengajak masyarakat untuk membudayakan jangan bawa sampah ke MRT," ujar dia.

Ia mengimbau masyarakat yang mempunyai sampah saat berada di area stasiun agar menyimpan sampahnya dan tidak membuangnya di area stasiun.

"Kalau punya sampah, masukkan dulu ke kantong atau tas. Keluar dari MRT dan stasiun baru cari tempat sampah. Sejauh ini proses edukasi berjalan baik dan sudah mulai kelihatan," ucap William.

PT MRT juga melarang penumpang makan dan minum di stasiun ataupun di kereta MRT, kecuali di gerai ritel yang tersedia. 

Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyatakan, penumpang yang kedapatan makan atau minum di dalam kereta ataupun area peron MRT akan langsung dipersilakan keluar atau diusir.

"Untuk nanti, kalau jelas kelihatan makan, kami persilakan untuk keluar dari kereta. Kami persilakan keluar dari stasiun," kata Kamaluddin, Rabu lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mengapa PT MRT Tak Sediakan Tempat Sampah di Stasiun?

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved