Mau Coba Onsen di Indonesia? Tak Perlu Jauh-Jauh ke Jepang, Datang Saja ke Ciater

Onsen identik dengan pemandian air panas alami di Jepang, dimana biasanya orang-orang berendam sambil menikmati air hangat.

Mau Coba Onsen di Indonesia? Tak Perlu Jauh-Jauh ke Jepang, Datang Saja ke Ciater
instagram/donijunianta
Pemandian air panas Ciater, Jawa Barat. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Onsen identik dengan pemandian air panas alami di Jepang, dimana biasanya orang-orang berendam sambil menikmati air hangat.

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati sensasi berendam air panas layaknya di negeri sakura, tak perlu jauh-jauh ke sana kok.

Ya, kamu bisa berkunjung ke Ciater yang terkenal sebagai gudangnya Onsen di Jawa Barat.

Ciater berada di perbatasan Bandung dan Subang dengan ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut dan dikelilingi perkebunan di atas gunung.

5 Tempat Rekomendasi Makan Soto Paling Hits di Surabaya yang Wajib Kamu Coba

Dari yang Murah hingga Mewah, Ini 9 Hotel di Banyuwangi yang Cocok Jadi Alternatif Menginap

Karena berada di ketinggian, maka tak heran jika daerah ini terkenal dingin.

Tonton juga: 

Sebagai daerah wisata Ciater memberikan beberapa penawaran wisata yang menarik untuk kamu coba, simak ulasan berikut ini yang TribunTravel rangkum dari beberapa sumber:

Pemandian Air Panas

Ciater memiliki pemandian air panas yang dikenal banyak orang.

Biasanya mereka yang berkunjung sekedar merasakan nikmatnya berendam di air panas, karena mereka menyakini jika kandungan mineral yang terdapat di dalam air panas Ciater mampu mengobati banyak jenis penyakit kulit dan baik untuk terapi terutama penyakit rematik.

Jangan khawatir dengan tiket masuk yang mahal, karena kamu hanya perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Mencari pemandian air panas di Ciater tidaklah sulit karena letaknya yang hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Lembang.

Kamu akan menemukan banyak sekali pemandian air panas, mulai dari pemandian ekonomis di daerah ‘pusat kota’ Ciater yang berupa kolam air panas dengan warung atau kafe sederhana, hingga resor air panas dengan fasilitas lengkap seperti Gracia atau Sari Ater yang terletak di antara perkebunan teh, berjarak sekitar 15 menit dari pusat Ciater.

Wisata Kuliner

Setelah puas berendam air panas, paling enak adalah menyantap makanan.

Sama seperti di kawasan wisata onsen di Jepang yang memiliki banyak tempat makan, maka daerah Ciater pun juga memiliki banyak tempat makan mulai dari restoran hingga warung lesehan sederhana.

Di sini kamu bisa menjumpai beragam masakan sunda, selain itu ada juga kuliner khas yang wajib kamu coba ketika berlibur di Ciater yaitu sup dan sate kelinci, jagung dan ketan bakar, dan aneka minuman yang menghangatkan tubuh seperti bandrek.

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana bersantap dengan suasana tempat yang cukup modern bisa mencoba restoran Cikole.

Sedangkan jika kamu menginginkan makanan yang lebih ringan, sepanjang perjalanan antara Ciater dan Lembang kamu akan menemui puluhan warung yang berjejer di pinggir.

Mereka menyediakan beragam snack hangat seperti ketan atau jagung bakar, hingga makanan unik seperti sate kelinci dan sate biawak.

Kegiatan Outdoor

Karena berada di atas gunung maka ada beberapa kegiatan alam yang bisa kamu temukan di sini mulai dari outbound, hiking, berkuda, memancing, bersepeda, camping, hingga trek untuk motocross bisa kamu temukan.

Bahkan banyak komunitas hobi yang menjadikan kota ini dan sekitarnya sebagai playground mereka, misalnya saja komunitas trail, komunitas pecinta alam, hingga komunitas airsoft, bukan hal yang aneh jika kamu bertemu mereka ketika kamu berkunjung ke sini.

Intip Keunikan Pasar Kebon Watu Gede Magelang, Uang Rupiah Tidak Berlaku di Tempat Ini

7 Ritual Budaya Aneh dan Mengerikan di Dunia yang Masih Dilakukan hingga Sekarang

5 Peraturan Aneh di Dunia Saat Traveling, Ada Larangan Menyiram Toilet Setelah Jam 22.00

10 Larangan Aneh di Korea Utara yang Harus Dipatuhi, Ada Aturan Gaya Rambut Juga!

(TribunTravel.com/Ratna Widyawati)

Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved