Sudah Koordinasi dengan Kemenhub, Bus Trans Jawa Beroperasi untuk Rute Jakarta-Semarang-Solo

Bertempat di Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019) pagi, bus Trans Jawa memulai perjalanan perdana rute Jakarta-Semarang-Solo.

Sudah Koordinasi dengan Kemenhub, Bus Trans Jawa Beroperasi untuk Rute Jakarta-Semarang-Solo
TribunSolo/Imam Saputro
Bus Putera Mulya 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bertempat di Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019) pagi, bus Trans Jawa memulai perjalanan perdana rute Jakarta-Semarang-Solo.

Bus Trans Jawa yang meluncur perdana pagi ini dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera, bekerja sama dengan United Tractors dan redBus.

Dengan kata lain, bus ini bukan pemegang tunggal izin bus yang beroperasi di sepanjang Tol Trans Jawa.

Bukan tidak mungkin, kelak langkah ini bakal diikuti oleh PO lainnya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan sebelum mengoperasikan bus ini. Kami ingin membantu Kementerian Perhubungan untuk memperoleh informasi komprehensif terkait kajian yang masih disusun oleh mereka dalam mempersiapkan rancangan umum transportasi seiring beroperasinya Tol Trans Jawa,” ujar pimpinan Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan.

Pada kesempatan terpisah, Kasubdit Angkutan Barang Kementerian Perhubungan Deny Kusdyana menyambut baik operasionalisasi bus trans Jawa oleh PO swasta.

Deny menyebut, beberapa PO swasta memang layak mengoperasikan bus trans Jawa karena sudah melayani penumpang melalui Tol Trans Jawa sebelum diresmikan.

Namun, Deny mengaku pihaknya belum merampungkan kajian mengenai rencana optimalisasi bus trans Jawa, berkaitan dengan titik naik-turun penumpang terdekat dengan Tol Trans Jawa, agar bus trans Jawa semacam ini tidak perlu keluar-masuk tol.

Sebelumnya, PO Putera Mulya Sejahtera telah mengoperasikan rute yang sama di sore hari.

Langkah meambahan jadwal pemberangkatan merupakan upaya perusahaan otobus ini mengisi kekosongan bus jurusan Jakarta-Semarang-Solo PP pada pagi hari.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved