Google Hapus Aplikasi Beauty Camera 'Nakal' Pencuri Data Pengguna

Kabar mengejutkan akhirnya terungkap setelah Trend Micro menemukan 29 aplikasi Beauty Camera tertangkap mencuri foto penggunannya untuk alasan tertent

Google Hapus Aplikasi Beauty Camera 'Nakal' Pencuri Data Pengguna
jl-design.com
Google 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kabar mengejutkan akhirnya terungkap setelah Trend Micro menemukan 29 aplikasi Beauty Camera tertangkap mencuri foto penggunannya untuk alasan tertentu.

Namun kini pengguna Android bisa bernafas lega setelah Google menghapus ke-29 aplikasi 'nakal' tersebut di Play Store.

Dilansir Tribunjogja.com melalui Androidpolice.com cara kerja aplikais tersebut yaitu setelah terinstal, beberapa aplikasi akan memuat iklan layar penuh untuk konten palsu atau pornografi setiap kali perangkat tidak terkunci.

Beberapa aplikasi akan meneruskan pengguna ke situs phishing untuk mencuri informasi pribadi mereka.

Menurut Trend Micro satu aplikasi yang teridentifikasi 'nakal' yaitu 'AndroidOS_BadCamera.HRX' dan 'com.beauty.camera.project.cloud'.

Ketika pengguna akan mengunggah gambar agar filter diterapkan, aplikasi akan mengunggah gambar ke server pribadi dan mengembalikan pesan kesalahan yang memberitahu pengguna untuk memperbarui aplikasi.

Bahkan aplikasi itu juga memunculkan pop-up video untuk ditonton pengguna agar dapat melanjutkan editing foto secara gratis.

Namun saat pengguna memutar video tersebut aplikasi tidak memainkan apapun.

Meskipun 29 aplikasi telah terhapus, pengguna Android diharapkan berhati-hati dan segera melaporkan jika terdapat keanehan pada aplikasi yang digunakan.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Google Hapus Aplikasi Beauty Camera 'Nakal' Pencuri Data Pengguna

Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved