Breaking News:

Sutopo Klarifikasi Beberapa Video dan Foto Gunung Soputan Keluarkan Lava: Itu Hoax

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo mengklarifikasi terkait video yang beredar tersebut.

Twitter @Sutopo_PN
Gunung Soputan di Minahasa Tenggara 

TRIBUNTRAVEL.COM - Setelah meletusnya Gunung Soputan, beredar video dan foto viral yang meresahkan di masyarakat di media sosial.

Dalam video yang beredar, terlihat Gunung Soputan mengeluarkan lava dari kawah.

Terkait video dan foto yang beredar tersebut, Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo mengklarifikasi terkait video yang beredar tersebut.

Sutopo mengatakan bahwa video lava yang keluar dari gunung bukan lava Gunung Soputan.

Sutopo juga menambahkan bahwa Gunung Soputan memang meletus namun tidak mengeluarkan lava dari kawah.

"Video ini HOAX. Ini bukan lava Gunung Soputan. Gunung Soputan meletus pada 3/8/2018 pukul 08.47 WITA. Tapi tidak mengeluarkan lava keluar dari kawah. Abaikan dan delete jika menerima video ini di medsos," tulis @Sutopo_PN.

Lalu ada foto yang memperlihatkan Gunung Soputan mengeluarkan letusan yang sangat besar sehingga erupsi yang dihasilkan sangat menyeramkan.

Dalam klarifikasinya, Sutopo mengatakan bahwa foto tersebut tidak benar dan hasil editan.

Sutopo mengungkapkan bahwa foto yang sama juga pernah beredar ketika Gunung Sinabung meletus.

"Ini bukan letusan Gunung Soputan. Foto ini HOAX. Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoax,".
tutur @Sutopo_PN

Sebelumnya, dilansir TribunTravel.com, melalui akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Gunung Soputan meletus pada hari Rabu 3 Oktober 2018 pukul 08.47 WITA.

Gunung Soputan, Minahasa Tenggara Meletus

Sutopo juga mengatakan bahwa tinggi kolom abu vulkanik dari letusan ini mencapai 4000 meter mengarah ke barat dan barat laut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mencatan getaran akibat letusan Gunung Soputan maksimum 39 mm dalam durasi 6 menit.

Namun Sutopo mengungkapkan belum perlu dilakukan proses evakuasi kepada masyarakat di sekitar gunung Soputan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved