HUT ke 73 RI

Ribuan Pendaki Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Slamet

Pendakian ke puncak gunung untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI telah menjadi tradisi unik kalangan muda.

Ribuan Pendaki Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Slamet
ISTIMEWA/Dinporapar Purbalingga
Para pendaki berjalan melewati Gerbang Pos Pendakian Gunung Slamet, Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Rabu (16/8/2018) pagi. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pendakian ke puncak gunung untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI telah menjadi tradisi unik kalangan muda.

Seperti halnya dengan 1.300 pendaki dari berbagai kota yang merayakan peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di puncak Gunung Slamet, Jumat (17/8/2018).

Mereka mendaki secara bertahap ke puncak Slamet setinggi 3.428 meter di atas permukaan air laut itu, Rabu (16/8/2018).

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno MSi mengungkapkan, para pendaki mulai mendatangi pos pendakian di Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Rabu (16/8/2018) pagi.

“Mereka kebanyakan datang secara berombongan," kata Prayitno dalam rilis yang diterima TribunTravel.com.

Dalam satu grup, kata dia, terdiri dari 5 hingga 10 orang, bahkan ada yang 20 orang.

"Namun juga ada yang datang dua orang dalam satu kelompoknya,” kata Prayitno di sela-sela pemantauan pendakian di pos Bambangan.

Disebutkan Prayitno, berdasar data yang tercatat di pos Bambangan, para pendaki berasal dari Bekasi, Cibitung, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Tasikmalaya, Semarang, Sragen, dan sejumlah kota lainnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, semua pendaki kami data di pos Bambangan dan menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter."

"Kami juga wajibkan setiap ketua kelompok meninggalkan identitas berupa KTP atau SIM serta nomor kontak,” kata Prayitno.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: sri juliati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved