Breaking News:

Mencicipi Lezatnya Nasi Cikur Khas Tasikmalaya, Berasnya Dimasak dengan Kencur Muda

Sebagai surga kuliner, Bandung tidak hanya menyediakan aneka kuliner nusantara maupun kuliner internasional di dalamnya.

Editor: Sinta Agustina
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Sajian Nasi Cikur Mang Ucup yang tersaji komplit di atas piring bambu. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebagai surga kuliner, Bandung, Jawa Barat tidak hanya menyediakan aneka kuliner nusantara maupun kuliner internasional di dalamnya.

Tetapi, kota kembang ini turut menyediakan aneka kuliner khas Urang Sunda yang telah menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Satu di antaranya yang terkenal dan populer di lidah masyarakat adalah nasi cikur khas Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam Bahasa Sunda, nasi cikur memiliki arti nasi yang terbuat dari kencur.

Umumnya nasi cikur menggunakan bumbu kencur muda atau kencur yang bertunas dengan umbi masih putih warnanya.

Hal Inilah yang membuat nasi cikur terasa lebih renyah, meskipun tersa sedikit getir dan memiliki aroma yang lebih harum.

Langkah pembuatannya mirip nasi goreng, yang memerlukan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng, dan tentu saja kencur muda.

Untuk mencicipi nasi cikur, begitu mudah Anda temui di berbagai sudut Kota Bandung, mulai dari kaki lima, kedai, dan restoran.

Satu di antaranya yang patut dicoba adalah Nasi Cikur Mang Ucup yang berlokasi di Jalan Buah Batu No.239, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Patokan lokasinya tepat berada di dekat Circle K Mart, dan tidak jauh dari persimpangan Jalan Kayu Agung II Buah Batu.

Nasi Cikur Mang Ucup ini tidak memiliki kedai sendiri, melainkan bergabung satu atap dengan kedai lainnya.

Di bagian dalamnya terdapat sejumlah kursi dan meja yang cukup moderen sehingga cocok dijadikan tempat kongkow-nya anak muda.

Untuk gerobaknya, terlihat keren dengan balutan bahan kayu berwarna krem plitur. Di gerobak tersebut, terpampang merek "Nasi Cikur Mang Ucup" yang berukuran cukup besar, berwarna merah menyala.

Sesuai namanya, Nasi Cikur Mang Ucup menyajikan nasi cikur khas Tasikmalaya sebagi menu andalannya.

Nasi cikir di sini disajikan dengan komplit, yang terdiri dari lauk pauk berupa tempe orek, ikam asin, dan suwiran telur dadar.

Serta tidak ketinggalan pula bahan pelengkapnya seperti bawang goreng, tahu goreng, mentimun, kerupuk emping, serta sambal ulek merah yang wajib hadir pada nasi cikur ini.

Saat mencicipinya, terasa aroma kencur yang begitu menyeruak di mulut. Sensasi rasa nasi cikur yang gurih dan sambal yang pedas, tentunya menambah selera makan bagi setiap penikmatnya.

Jika Anda tidak sempat mencicipi langsung di kedainya, Anda juga bisa bawa pulang pulang loh (take away) untuk di rumah, atau dijadikan oleh-oleh.

Karena di sini, sudah tersedia nasi cikur yang bisa dikemas dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan tanpa menggunakan pengawet.

Selain nasi cikur, di sini terdapat pula varian menu lainnya yang tidak kalah enak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved