Breaking News:

Wisata Jogja - Kali Kuning Park, Destinasi Wisata Alam Baru di Lereng Merapi

Selain memiliki udara yang sejuk dan panorama alam yang indah, wisata di lereng Merapi juga terkenal akan cerita-cerita sejarahnya.

Editor: Sinta Agustina
TRIBUN JOGJA/Gilang Satmaka

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Gilang Satmaka

TRIBUNTRAVEL.COM - Selain memiliki udara yang sejuk dan panorama alam yang indah, wisata di lereng Merapi juga terkenal akan cerita-cerita sejarahnya.

Di sisi lain, lokasi wisata di lereng Merapi juga menawarkan tempat bersantai bagi keluarga.

Beberapa lokasi wisata baru, bermunculan di lereng Merapi, yang tentunya dapat menjadi alternatif wisata pilihan lainnya, ketika mengunjungi daerah utara Yogyakarta.

Salah satu obyek wisata baru yang dapat dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat ialah Kali Kuning Park.

Kali Kuning Park terletak di Dusun Ngrangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Kali Kuning Park tersebut dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi yang juga membentuk kelompok Pemberdayaan masyarakat guna ikut melestarikan dan menjaga alamnya.

Tempat ini mulai dikembangkan menjadi tempat wisata pada pertengahan Januari tahun 2017 lalu.

Lalu kemudian pada pertengahan bulan Februari, tempat ini mulai dibuka untuk umum.

Menurut Suharyana selaku Kepala Resort Cangkringan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), tempat tersebut perlu di jaga dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar.

"Setelah erupsi Merapi lalu, pihak Taman Nasional Gunung Merapi memiliki ide untuk mengembangkan tempat tersebut menjadi salah satu kawasan wisata, karena kawasan tersebut memiliki panorama alam yang berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata. Yang terpenting adalah agar tempat tersebut, tidak hanya terbengkelai pasca erupsi Merapi," papar Suharyana.

Ia juga mengajak masyarakat di sekitar lokasi tersebut untuk terlibat langsung menjaga dan merawat alam yang ada di lokasi tersebut.

"Kami memang juga melibatkan masyarakat sekitar untuk turun langsung ikut mengelola tempat wisata ini. Sekarang Masyarakat tidak hanya menjadi penonton saja, tetapi juga harus terlibat dan turun langsung menjaga kelestarian alam di kawasan lokasi wisata desanya," tambah Suharyana.

Selain beragam bentuk spot selfie berbentuk flora dan fauna, Kali Kuning Park juga memiliki panorama alam yang indah dan menawan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved