Breaking News:

Wisata Tapanuli - Liburan di Pulau Badalu, Terumbu Karang Bahkan Bisa Dilihat Tanpa Harus Menyelam

Terumbu karang tampak jelas di kedalaman air yang hijau bening di sekitaran Pulau Badalu, yang berada di kawasan kecamatan Barus, Tapanuli Tengah.

Editor: Sinta Agustina
Tribun Medan/Silfa Humairah
Pulau Badalu, Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah

TRIBUNTRAVEL.COM - Perjalanan 10 jam dari Kota Medan ke Tapanuli Tengah menghabiskan liburan akhir tahun, digoyang ombak selama 1,5 jam dari lokasi penyeberangan Pantai Kalangan, rasanya terbayar ketika mata melihat pemandangan terumbu karang tampak jelas di kedalaman air yang hijau bening di sekitaran Pulau Badalu, yang berada di kawasan kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Bergerak ke tengah lautan menikmati keindahan alam bawah laut menggunakan alat snorking atau perlengkapan diving adalah yang paling pas menyambangi pulau ini.

Wisatawan disajikan pemandangan aneka ragam bentuk dan warna terumbu karang serta aneka macam ikan berwarna indah di tambah kehadiran ubur-ubur dan penyuh yang sesekali keluar dari permukaan laut.

Karang-karang seperti sengaja menampakkan diri mulai dari bibir pantai hingga sekitar 100 meter dari di segala penjuru pantai membuat kapal wisata yang lewat tak bisa menahan diri untuk langsung melompat .

Kian ke tengah pantai, air laut berwarna biru bergradasi menjadi warna hijau. Berpadu dengan pasir berwarna putih bak kilauan permata yang diselimuti air laut. Lengkap, wisatawan dibuat tak bisa beranjak pulang.

Bagi pencinta snorking wajib menyelami kecantikan wisata lautnya pulau Badalu.

Kepulauan Mursala
Kepulauan Mursala (Tribun Medan/Silfa Humairah)

Bagi yang tidak bisa berenang juga tak perlu khawatir, karena karang tidak hanya berada di kedalaman air yang dalam, tapi juga bibir pantai yang hanya sekitar setengah meter dari permukaan laut.

Yovie Richard, pemandu wisata Trip Jelajah Sumut, menuturkan membawa wisatawan rutin beberapa kali dalam setahun. Dan wisata ke pulau Badalu menjadi destinasi favorit dan paling banyak diminta oleh peserta trip.

"Destinasi pulau Badalu menjadi paling populer karena wisata bawah lautnya menawarkan pemandangan ikan kecil warna-warni, kerumbu karang nan mempersona, aneka tumbuhan bawah laut lainnya yang kaya akan warna memancarkan cahaya yang membuat pecinta snorking dibuat tidak akan menyesal," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved