Breaking News:

Bikin Melongo! Ada Kursi Raksasa di Cirebon, Ternyata Ini Fungsinya

Kursi rotan raja raksasa berdiri di Lapangan Kampung Wisata Rotan Galmantro, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (14/3/2017).

Kompas.com / Muhamad Syahri Romdhon
Sejumlah pengrajin rotan merampungkan kursi rotan raja raksasa di lapangan kampung wisata rotan galmantro, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (14/3/2017). Mereka menciptakan dan menghidupkan kembali spirit Rotan Cirebon yang pernah mengalami masa kejayaannya. Mereka berencana akan meletakan rotan raksasa ini di Jalur Utama Pantura Cirebon. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kursi rotan raja raksasa berdiri di Lapangan Kampung Wisata Rotan Galmantro, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (14/3/2017).

Kursi rotan yang diklaim terbesar di dunia itu merupakan hasil karya 50 perajin selama satu bulan.

Mereka ingin menghidupkan kembali kejayaan rotan Indonesia dari Tanah Wali.

Tak hanya para perajin, ratusan warga dari berbagai kalangan sejak pagi meramaikan acara tersebut.

Mereka membawa produk masing-masing dari rotan sambil mengitari penjuru desanya.

Mereka terdiri dari pelajar sekolah dasar, menengah pertama, menegah atas, guru, perajin, organisasi masyarakat, perangkat desa, dan masyarakat umum.

Pada aksi yang disebut ider-ideran, mereka membuktikan rotan menjadi keunggulan dan kebanggaan mereka.

Mereka membuat burung raksasa, kuda raksasa, topi raksasa, tudung saji raksasa, dan sejumlah kerajinan tangan yang seluruhnya terbuat dari rotan.

Djaso, salah satu senior perajin rotan menyebutkan, ider-ideran yang dilakukan banyak masyarakat membuktikan antusiasme yang sangat tinggi.

Djaso yang menjadi satu penyumbang ide pembuatan kursi raksasa ini menyebutkan, kursi raksasa melambangkan satu kedudukan yang paling tinggi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved