Breaking News:

Wisata Aceh - Luar Biasa! Puing-puing Sisa Tsunami Ini Jadi Objek Wisata Unggulan

Puing-puing sisa gempa tektonik 9,3 skala Richter dan gelombang tsunami 12 tahun lalu sekarang menjadi obyek wisata unggulan Aceh.

SERAMBI INDONESIA/BUDI FATRIA
Wisatawan asal Rusia mengabadikan Monumen Tsunami PLDT Apung saat berkunjung di Gampong Punge Blang Cut, Banda Aceh, Selasa (25/12/2012). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Puing-puing sisa gempa tektonik 9,3 skala Richter dan gelombang tsunami 12 tahun lalu sekarang menjadi obyek wisata unggulan Aceh.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Banda Aceh yang juga korban tsunami, Siti Jihadun Nufus kepada Antara mengakui, banyak biro perjalanan wisata menjual paket wisata di Banda Aceh dengan mengunjungi obyek wisata sisa tsunami.

"Setiap paket wisata yang dijual pasti dalam itinerary-nya ada kunjungan ke situs tsunami, seperti Kapal PLTD Apung (di Desa Punge, Blang Cut, Banda Aceh, Aceh), kapal di atas rumah (Lampulo) serta kunjungan ke Museum Tsunami," katanya.

Guncangan gempa yang disusul tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 silam mengakibatkan sekitar 170.000 warga Aceh menjadi korban keganasan gelombang laut yang bercampur lumpur pada 26 Desember 2004.

Bahkan gelombang tsunami itu juga berdampak sampai Malaysia dan Thailand.

Ketua HPI Kota Banda Aceh itu juga mengakui, sering memandu sejumlah wisatawan lokal maupun asing yang berwisata ke Aceh mengunjungi obyek-obyek wisata tersebut.


KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA
Wisatawan di Museum Tsunami Aceh, Rabu (21/10/2015).

"Ketika saya pandu para wisatawan mancanegara penumpang kapal pesiar MS Silver Discovery waktu itu ada yang sampai meneteskan air mata mendengar cerita musibah tsunami yang melanda Aceh," kata Jihan, yang saat kejadian itu masih berusia 12 tahun.

Kapal PLTD Apung sepanjang 63 meter dan berbobot 2.600 ton menjadi saksi bisu tragedi tsunami.

Kapal yang semula disiagakan Pelabuhan Ulee Lheue itu dihempas gelombang laut sekitar 5 kilometer ke daratan, ke pemukiman penduduk di Gampon Punge, Blang Cut, Banda Aceh.

"Di lokasi Kapal PLTD Apung para wisman dengan seksama mengamati sisa-sisa bagunan tsunami sembari mengabadikan sejumlah gambar di lokasi yang dianggap menarik," katanya.

(Kompas.com/I Made Asdhiana)

Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved