Makan Makanan Pedas Sebelum Tidur Bisa 'Mengundang' Mimpi Buruk

Kamu suka makan sebelum tidur? jika demikian kamu harus berhati-hati, sebab mengonsumsi makanan sebelum tidur berpengaruh terhadap kualitas tidur kamu

Makan Makanan Pedas Sebelum Tidur Bisa 'Mengundang' Mimpi Buruk
PEXELS.COM/MALII MAEDER
Makanan pedas 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kamu suka makan sebelum tidur?

Jika iya, kamu harus berhati-hati, sebab mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidurmu.

Kamu mungkin pernah mendengar jika mengonsumsi susu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak, itu benar adanya dan bukan mitos.

Akan tetapi jika kamu mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur justru dapat menganggu kualitas tidur.

Ilustrasi
Ilustrasi (dreams.co.uk)

Mengutip siaran pers yang diterima TribunTravel, Jumat (15/3/2019), seorang pakar gangguan tidur dari Cleveland Clinic di Amerika Serikat, dr. Charles Bae mengatakan, makan pedas sebelum tidur akan memicu proses metabolisme serta meningkatkan suhu tubuh.

Proses metabolisme dan peningkatan suhu menyebabkan bertambahnya aktivitas otak, padahal otot dan tubuh sedang beristirahat.

ILUSTRASI Sakit perut
ILUSTRASI Sakit perut (travelreadymd.com)

Otak pun menerima sinyal dari sistem pencernaan bahwa tubuh harus berjuang lebih keras untuk menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung.

Tonton juga: 

Sinyal tersebut diartikan oleh otak sebagai ancaman atau gangguan, yang kemudian ditafsirkan oleh kesadaran sebagai mimpi buruk.

Seorang ahli psikologi klinis dari University of Chicago Hospital, Lisa Medalie, menganjurkan untuk menghindari makanan pedas kira-kira dua sampai tiga jam sebelum tidur.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved