Gempa di Donggala

Mengenal Skala dan Kelas Gempa Bumi Berdasar Besaran Magnitudonya

Gempa bumi magnitudo 7,7 landa Donggala, Sulawesi Tengah dan sempat berpotensi tsunami. Kenali kategori gempa bumi menurut magnitudonya.

Mengenal Skala dan Kelas Gempa Bumi Berdasar Besaran Magnitudonya
bangladeshchronicle.net
Ilustrasi 

TRIBUNTRAVEL.COM - Gempa bumi magnitudo 7,7 landa Donggala, Sulawesi Tengah dan sempat berpotensi tsunami. Kenali kategori gempa bumi berdasarkan kekuatan magnitudonya.

Gempa bumi merupakan satu fenomena alam yang rutin terjadi di Indonesia.

Terbaru, gempa bumi dengan magnitudo 7,7 melanda Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB.

Gempa berkedalaman 10 kilometer, dengan epicenter terletak di titik 0,18 LS dan 119,85 BT atau 27 kilometer Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat memberikan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Namun peringatan dini tsunami pasca gempa bermagnitudo 7,7 di Donggala, Sulawesi Tengah telah dicabut oleh BMKG sekitar pukul 17.37 WIB.

Terkait dengan terjadinya gempa bumi, pasti traveler tak asing lagi dengan angka yang mengindikasikan kekuatan magnitudo gempa bumi.

Setiap angka ini dapat menunjukkan kategori tertentu.

Kali ini, TribunTravel.com telah merangkum skala dan kelas magnitudo gempa bumi di dunia dari laman UPSeis milik Michigan Technological University, www.geo.mtu.edu.

SKALA MAGNITUDO GEMPA BUMI

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Sri Juliati
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved