Akibat Pilot Abaikan Kode Peringatan, Sebuah Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat di Jalan Raya

Penulis: Nurul Intaniar
Editor: Sinta Agustina
Ilustrasi pesawat terbang

TRIBUNTRAVEL.COM - Insiden pesawat mendarat darurat sudah umum dijumpai dalam beberapa penerbangan di dunia.

Biasanya kejadian pesawat mendarat darurat terjadi karena kesalahan mesin, cuaca buruk yang tak memungkinkan pesawat melewati rute tersebut, pertengkaran penumpang di kabin, dan lain sebagainya.

Tapi baru-baru ini sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai charter terkenal terpaksa mendarat darurat di jalan raya karena pilot mengabaikan kode peringatan terkait bahan bakar.

Pilot itu sudah diberi peringatan melalui radio sambungan bahwa pesawat yang diterbangkannya memiliki bahan bakar rendah.

Baca juga: Pesawat Boeing Mendarat Darurat usai Alami Kerusakan Mesin

Ilustrasi pesawat Cessna 441 Conquest (Flickr.com/Marco McGinty)

Namun pilot tersebut bersikeras untuk melanjutkan penerbangan meski masih berada dalam jangkauan bandara.

Menurut laporan akhir setelah penyelidikan oleh Biro Keselamatan Transportasi Australia, pesawat Cessna 441 Conquest sedang dalam perjalanan dari Fitzroy Crossing ke Broome di utara Australia Barat pada Maret 2018 lalu, ketika indikator bahan bakar rendah menyala.

Kedua pengukur kuantitas bahan bakar menunjukkan bahwa bahan bakar yang tersisa cukup untuk mencapai hotspot wisata, sehingga pilor Skippers Aviation terus melanjutkan penerbangan menuju Broome, lapor news.com.au.

Baca juga: United Airlines Mendarat Darurat, Pesawat Boeing 777 Dilarang Terbang di Seluruh Dunia

Tetapi mesin kanan mulai melonjak, diikuti oleh mesin kiri, kemudian mesin kanan kehilangan tenaga hingga mendorong pilot untuk mengumumkan kode peringatan 'mayday'.

Akan tetapi pilot itu juga mengatakan kepada pengawas lalu lintas udara bahwa pesawat dapat mencapai Broome karena mesin kirinya masih beroperasi.

Ketika mesin itu mulai kehilangan tenaganya, pilot terpaksa mendaratkan pesawat di jalan raya terdekat, 39 kilometer dari tujuan aslinya.

Halaman
12