Banyak Wisatawan Tak Pakai Masker di TMII, Ini Tanggapan Pengelola

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Taman Mini Indonesia Indah

TRIBUNTRAVEL.COM - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka kembali setelah adanya era new normal.

Pembukaan kembali Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini dibarengi dengan adanya protokol kesehatan.

Semua wisatawan yang berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diharuskan mengikuti protokol kesehatan.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menerapkan berbagai syarat wajib untuk calon pengunjung. 

Salah satu syarat yang wajib dilakukan oleh calon wisatawan sebelum berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah menggunakan masker.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu (5/7/2020), imbauan tersebut terpampang di Pintu 1 melalui beberapa poster besar yang menghiasi jalan menuju gerbang pembelian tiket.

7 Kuliner Malam di Jakarta yang Legendaris, Mulai dari Gultik Blok M Hingga Nasi Uduk Kebon Kacang

Namun, saat saya berkunjung ke sana, terdapat banyak wisatawan yang tidak menggunakan masker saat berada di dalam area TMII.

Tidak hanya di area replika Monas, pun di area penyewaan sepeda dekat loket kereta gantung dan di jalur dalam dan luar TMII.

Menanggapi hal tersebut, Humas TMII Sahda Silalahi menuturkan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin agar wisatawan tetap menaati peraturan yang berlaku selama era new normal.

“Patroli kita setiap saat lewat. Selalu ingatkan untuk pakai masker, dan tidak berkerumun. Sehari patroli selalu muter di jalur dama dan luar,” kata Sahda kepada Kompas.com.

Selanjutnya, Sahda menjelaskan, di setiap titik tidak selalu ada petugas karena karyawan TMII yang masuk hanya 50 persen. Sementara para petugas yang patroli saling bergantian.

Mengenai wisatawan yang tidak menggunakan masker, dia mengatakan bahwa sebenarnya mereka memilikinya.

Hal ini karena mereka akan otomatis tidak bisa masuk ke dalam TMII jika tidak menggunakan masker. Meski begitu, wisatawan kerap lupa untuk menggunakannya kembali usai melakukan sesuatu.

“Kebiasaan pengunjung, semenjak dibuka kembali dan kita perhatikan, di dalam buat yang naik sepeda yang mungkin merasa sesak, masker dibuka dan dikantungin. Lalu lupa dipakai lagi,” tutur Sahda.

“Mungkin wisatawan yang haus atau habis makan camilan, masker ditaruh lalu lupa dipakai,” lanjutnya.

Kendati demikian, Sahda mengatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha mengimbau wisatawan agar tetap mengenakan masker hingga mereka benar-benar patuh.

TMII sudah dibuka kembali secara resmi sejak 20 Juni 2020 usai ditutup pada 23 Maret lalu. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Berdasarkan data yang Kompas.com peroleh, sejak TMII dibuka kembali, tempat wisata tersebut menerima sekitar 4.000 – 8.000 wisatawan setiap Sabtu.

Sementara setiap Minggu, mereka menerima sekitar 13.000 – 19.000 wisatawan. Seluruh wisatawan didominasi oleh mereka yang berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Hari ini (Minggu) per jam 12:00 WIB, TMII sudah menerima sebanyak 9.003 pengunjung,” kata Sahda.

• Naik Kereta Api dari Jakarta, Ini Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan

• Gratis, Ini Daftar Halte Pemberhentian Layanan Bus TransJakarta Rute GR4 dan GR5

• Daftar 31 KA Lokal Daop 1 Jakarta yang Tidak Beroperasi Sampai 31 Juli 2020

• Tiket Pesawat Jakarta-Batam untuk Liburan Akhir Pekan, Tarif Mulai Rp 629 Ribuan

• 5 Sajian Ayam Goreng Enak di Jakarta, Wajib Cicipi Ayam Goreng Suharti yang Legendaris

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Pengunjung TMII Tidak Pakai Masker, Ini Tanggapan Pengelola"