Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

NTT Bisa Dikunjungi Turis Mulai 15 Juni, Protokol Kesehatan Telah Dipersiapkan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pulau Padar, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

TRIBUNTRAVEL.COM - Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa menegaskan pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menyambut era baru yaitu New Normal mulai 15 Juni 2020 mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan dalam webinar ASITA bertajuk "New Normal dan Kesiapan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyambut Wisatawan", Rabu (10/6/2020).

"Kami siap kembali membuka pariwisata di era New Normal mulai 15 Juni nanti. Semuanya sudah kami siapkan," kata Wayan dalam webinar.

Wayan mengklaim masyarakat NTT baik desa maupun kota sudah paham protokol kesehatan Covid-19 sesuai Gugus Tugas.

TONTON JUGA

"Mereka sudah sangat aware dengan protokol kesehatan. Misalnya kalau nanti berkunjung ke desa-desa, itu bisa dilihat ada tandon air, masyarakatnya pakai masker, dan setiap desa ada petugas yang melakukan atau mewajibkan cuci tangan dan melakukan pendaftaran. Artinya, mereka sudah memulai itu pada masa pandemi terutama perspektif protokol kesehatan," jelasnya.

Wayan kemudian menjelaskan seluruh destinasi wisata di NTT baik yang dikelola pusat maupun provinsi, juga sudah menerapkan protokol kesehatan new normal.

Ia menuturkan Taman Nasional Komodo yang dikelola pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), juga sudah menerapkan protokol kesehatan dan siap dibuka 15 Juni 2020.

Wishnutama di Pulau Padar (Dok Kemenparekraf)

"Destinasi yang dikelola provinsi sudah dilengkapi dengan sarana tandon cuci tangan, mewajibkan masker, physical distancing, dan sekurang-kurangnya harus ada pengukuran suhu tubuh," terangnya.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laikodat, lanjutnya, telah mengecek semua kesiapan destinasi wisata di NTT dan menyatakan telah siap membuka kembali pariwisata.

"Jadi atas kesiapan inilah, Bapak Gubernur mulai tanggal 15 Juni membuka kembali seluruh destinasi wisata di Provinsi NTT. Bahkan kami dari Dinas Pariwisata sejak tanggal 5 sudah lakukan ujicoba pembukaan destinasi," tambahnya. 

Finalis Puteri Indonesia di Labuan Bajo, Flores, NTT. (Instagram/@officialputeriindonesia)

Namun, saat pembukaan nanti, ia belum yakin akan ada wisatawan nusantara yang langsung datang. Hal tersebut, kata dia, karena masalah penerbangan yang masih terbatas.

Oleh karena itu, pihaknya membagi tiga fase pada pembukaan pariwisata NTT untuk kembali menarik wisatawan.

Fase pertama, kata dia, dimulai 15 Juni-15 Juli 2020 merupakan masa pembelajaran dan banyak didominasi oleh wisatawan lokal.

Fase kedua pada bulan berikut, ia berharap penerbangan sudah mulai normal dan sudah mulai ada kunjungan wisatawan nusantara.

"Pada saat itu, tentu destinasi sudah siap protokol kesehatan, termasuk perhotelan dan industri pariwisata lainnya," tuturnya.

Setelah itu, baru lah melihat hasil dari fase dua bulan sebelumnya, pariwisata NTT memiliki harapan protokol kesehatan sudah menjadi kebiasaan pada era tatanan baru atau new normal, baik masyarakat maupun wisatawannya.

6 Fakta Labuan Bajo, Tempat Wisata di NTT yang Bakal Jadi Pilot Project Destinasi New Normal

Pemerintah NTT Kembali Buka Pariwisata Juni 2020, Ini Tempat Wisata yang Jadi Perhatian

NTT Akan Buka Destinasi Wisata Mulai 15 Juni Mendatang

28 Unit Rumah Dibangun untuk Mendukung Pariwisata Super Premium di Labuan Bajo NTT

Danau Kelimutu, Dipercaya Jadi Tempat Bersemayam Arwah Nenek Moyang di NTT

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Turis Mulai Bisa Kunjungi NTT pada 15 Juni