Ada Wabah Virus Corona di Berbagai Negara, Destinasi Tiga Gili Masih Terbuka untuk Turis Asing

Gili Trawangan

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara tetap menerima kunjungan turis asing meski penyebaran virus corona yang meningkat di sejumlah negara.

"Kalau kita menyetop semua wisatawan ke Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, maka pariwisata kita akan lumpuh," kata Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar di Mataram seperti dilansir Antara, Kamis (12/3/2020).

Ia maklum dengan langkah Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang mengizinkan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan berlabuh di Pulau Lombok.

Namun, para wisatawan itu harus diperiksa secara ketat sesuai prosedur yang berlaku.

Pengecekan terhadap wisatawan asing dilakukan Pemkab Lombok Utara di Pelabuhan Bangsal, penyeberangan menuju destinasi tiga gili.

"Kami tetap membuka pariwisata, tapi kami tetap memasang satu pintu. Wisatawan diperiksa suhu tubuh dan barang-barangnya menggunakan x-ray," ujar Najmul.

Cerita Traveler Jelajahi Beragam Tempat Wisata di Lombok, Mulai dari Trio Gili hingga Pantai Pink

Najmul mengatakan, menghentikan kunjungan wisatawan asing ke destinasi tiga gili bukan pilihan bijak. Banyak usaha milik masyarakat yang bergantung kepada wisatawan.

Ia meminta masyarakat tak khawatir secara berlebihan dengan virus corona. Pemkab Lombok Utara sudah memperketat pemeriksaan terhadap wisatwan.

"Kalau kita membuka pintu di saat pintu ke negara-negara lain tertutup, maka itu ruang kesempatan yang besar, tapi harus disiplin ketat dalam memeriksa kondisi kesehatan wisatawan," jelasnya.

Selain tetap membuka pintu bagi wisatawan asing, Najmul berupaya memperbanyak kunjungan wisatawan domestik yang potensinya tidak kalah dengan asing.

Halaman
12

Berita Populer