Breaking News:

Dapat Nilai Bintang 4 Gold, Toilet di Terminal 3 Bandara Soetta Punya Fasilitas Terbaik

Toilet di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten memiliki fasilitas terbaik dan mendapat nilai Bintang 4 Gold.

Editor: Nurul Intaniar
Instagram/ @angkasapura2
Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang. Toilet di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten memiliki fasilitas terbaik dan mendapat nilai Bintang 4 Gold. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten punya toilet dengan fasilitas terbaik hingga mendapatkan nilai Bintang 4 Gold.

Hal itu terkuak setalah Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) melakukan audit terhadap toilet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada periode Juli-September 2022.

Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020).
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Perlu diketahui, ATI merupakan sebuah lembaga non-pemerintah dan non-profit yang memiliki tujuan untuk memberikan transformasi dan edukasi tentang toilet Indonesia yang bersih dan sehat.

Lembaga tersebut memberikan penilaian terhadap toilet yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: Pameran Penerbangan Internasional Akan Digelar di Bandara Ngurah Rai Bali

Bukan hanya dari tampilan saja, ada beberapa aspek penilaian yang dipentingkan di sini.

Adapun bahan penilaian dari ATI meliputi, desain, kebersihan, fasilitas, keamanan dan layanan kebersihan, hingga apresiasi pengguna.

Dari keenam penilaian ini, rupanya toilet di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang menjadi terbaik menurut ATI.

Director of Commercial & Services PT Angkasa Pura II, M Rizal Pahlevi mengatakan, audit oleh lembaga independen secara obyektif membantu pihaknya mengukur keandalan fasilitas umum di bandara.

“Audit toilet oleh ATI dilakukan terhadap 5 aspek, yaitu desain & EMS (environment, management system), cleanliness, amenities & facility, safety/cleaning services, dan user appreciation," ujar Rizal dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

Berdasarkan audit, toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mendapat penilaian yang paling tinggi yakni Bintang 4 Gold.

Penilaian Bintang 4 Gold terhadap toilet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini mencerminkan fasilitas pada semua area toilet, nursery dan janitor sudah lengkap dan berfungsi baik.

Lalu perlengkapan (amenities) bagi pengguna sesuai standar, kebersihan yang baik pada semua area.

Kemudian, petugas sesuai grooming dan memahami tugas serta penggunaan alat, toilet memiliki estetika desain yang baik, toilet memiliki fasilitas ramah lingkungan, dan pengguna menyampaikan kepuasan tinggi dalam menggunakan toilet.

Baca juga: Imbauan Bagi Calon Penumpang Pesawat sebelum Naik KA Bandara, Pilih Jadwal 3 Jam sebelum Boarding

"Hasil audit di bandara-bandara lain rata-rata mendapat Bintang 3 Gold dan Bintang 4 Silver. Toilet di Terminal 3 akan dijadikan rujukan bagi bandara-bandara lain untuk peningkatan layanan sehingga dapat memberikan yang terbaik dalam hal fasilitas sanitasi bagi traveler," jelas Rizal .

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved