Breaking News:

Fakta Unik Queen of the Night, Bunga Langka yang Hanya Mekar Satu Malam Pertahun

Queen of the Night adalah spesies kaktus populer yang terkenal menghasilkan bunga putih besar, harum, hanya satu malam per tahun.

Adriano Makoto Suzuki, CC BY 2.0 , via Wikimedia Commons
Fakta unik Queen of the Night, bunga yang hanya mekar setahun sekali 

TRIBUNTRAVEL.COM - Epiphyllum Oxypetalum adalah spesies kaktus populer yang terkenal menghasilkan bunga putih besar, harum, hanya satu malam per tahun.

Queen of the Night hanyalah nama panggilan, tapi nama itu sangat cocok dengan Epiphyllum Oxypetalum.
Berbeda dengan beberapa spesies yang biasa disebut sebagai Night-Blooming Cereus yang juga mekar di malam hari, menghasilkan bunga yang besar dan harum selama beberapa minggu, Epiphyllum Oxypetalum hanya mekar satu malam dalam setahun, selama beberapa jam, dengan bunganya yang besar dan layu sebelum matahari terbit.

Baca juga: Update Harga Tiket Masuk Taman Bunga Celosia Berlaku Mulai 1 Desember 2022

Queen of the Night, bunga yang hanya mekar setahun sekali
Queen of the Night, bunga yang hanya mekar setahun sekali (PxHere)

Baca juga: Fakta Bangunan Museum Sumpah Pemuda: Pernah Jadi Kos-kosan, Toko Bunga, hingga Hotel

Mekarnya Queen of the Night adalah peristiwa langka, yang menarik banyak penggemar bunga ke hutan Meksiko, Amerika Tengah, dan Antillen untuk kesempatan menyaksikannya secara langsung.

Dilansir dari odditycentral, pembungaan Queen of the Night adalah peristiwa langka yang bahkan pemilik tanaman semacam itu dapat menganggap diri mereka beruntung karena telah menyaksikannya setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara, Tawarkan Pemandangan Gunung Gede Pangrango

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Gresik yang Lagi Hits, Ada Taman Bunga hingga Pulau Bawean

Beberapa belum pernah melihat secara langsung, meski menanam kaktus selama bertahun-tahun.

Mengantisipasi mekarnya kaktus ini yang akan terjadi merupakan tantangan yang berat, namun menurut sebagian besar sumber, peristiwa tersebut terjadi pada malam musim semi atau musim panas.

Ada yang mengatakan itu terjadi pada malam bulan purnama atau sekitar waktu seperti itu, sementara yang lain mengatakan tanaman itu mekar setelah hujan lebat.

Menambah daya pikat dan reputasinya, Queen of the Night dikatakan sebagai satu yang paling harum di dunia, menenggelamkan udara di sekitar mereka dengan aroma yang tak tertahankan.

Baca juga: Taman Seribu Bunga Raya dan 7 Tempat Wisata di Berastagi Sumut yang Wajib Dikunjungi

Fakta unik Queen of the Night, bunga yang hanya mekar setahun sekali
Fakta unik Queen of the Night, bunga yang hanya mekar setahun sekali (Adriano Makoto Suzuki, CC BY 2.0 , via Wikimedia Commons)

Sayangnya, ini hanya berlangsung selama satu atau dua jam, setelah itu bunga-bunga yang mengesankan mulai layu.

Aroma bunga yang sulit ditangkap ini sering dibandingkan dengan bunga magnolia atau gardenia.

Hampir sepanjang tahun, Epiphyllum Oxypetalum alias kaktus anggrek, terlihat seperti kumpulan batang kaktus raksasa yang merayap di tanah atau di atas penyangga apa pun, tetapi untuk satu malam dalam setahun, semua bunganya mekar pada waktu yang sama.

Bunga kaktus anggrek hanya mekar pada malam hari karena kelelawar adalah penyerbuk utama tanaman tersebut, namun para ilmuwan belum dapat memastikan mengapa hal ini hanya terjadi satu malam dalam setahun.

Fakta Unik Semut Honeypot, Satu-satunya Semut Penghasil Madu di Dunia

Semut Honeypot, atau semut madu, adalah pekerja khusus dari beberapa spesies semut yang tugas utamanya adalah melahap nektar hingga menjadi penyimpan madu yang hidup.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved