Breaking News:

KAI Gelar Open House Balai Yasa, Nikmati Kesempatan Berkunjung ke Bengkel Khusus Kereta Api

PT KAI gelar Open House Balai Yasa dalam rangka hari ulang tahunnya yang ke-77 untuk mengedukasi masyarakat proses perawatan kereta dan lokomotif.

Dokumentasi KA Pariwisata
Balai Yasa Yogyakarta, tempat untuk perawatan dan perbaikan lokomotif dan kereta rel diesel (KRD) yang beroperasi di Pulau Jawa. 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik dalam rangka menyambut hari ulang tahunnya yang ke-77.

Satu di antaranya ialah menggelar kegiatan Open House Balai Yasa Kereta Api.

Satu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) terlihat di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta, Senin (18/9/2017).
Satu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) terlihat di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta, Senin (18/9/2017). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan kereta dan lokomotif yang ada di berbagai Balai Yasa milik KAI.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa yang selama ini tidak dapat diakses oleh masyarakat umum.

Baca juga: KAI Expo 2022 Berlangsung Lebih Meriah dan Menarik, Banyak Promo Menanti

Open House Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung antara masyarakat dan bengkel khusus kereta api tersebut.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik," kata Didiek.

"Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” imbuhnya, seperti dikutip dari rilis resmi kai.id, Kamis (22/9/2022).

KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanannya tidak cuma berada di lingkungan stasiun, tapi KAI juga memiliki bengkel kereta api yang modern yaitu Balai Yasa.

Baca juga: Dukung Program Vaksinasi, PT KAI Gelar Rail Clinic di Stasiun Sentolo Jogja

Balai Yasa berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Bengkel ini memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks.

Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.

Proses perbaikan lokomotif di Balai Yasa Yogyakarta.
Proses perbaikan lokomotif di Balai Yasa Yogyakarta. (Tribun Jogja/ Ekasanti Anugraheni)

Open house akan dilaksanakan di 3 Balai Yasa selama 3 hari sejak dibuka.

Adapun pembukaan di masing-masing Balai Yasa dilakukan pada Jumat (23/9/2022) untuk Balai Yasa Yogyakarta, kemudian Minggu (25/9/2022) di Balai Yasa Surabaya Gubeng dan Senin (26/9/2022) di Balai Yasa Manggarai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved