Breaking News:

Astindo Promosikan Wisata Likupang, Destinasi Super Prioritas di Indonesia

ASTINDO Sulawesi Utara (Sulut) ikut mempromosikan Likupang sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

KOMPAS/KRISTIAN OKA PRASETYADI
Pantai Pulisan, Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 

TRIBUNTRAVEL.COM - DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Sulawesi Utara (Sulut) menindaklanjuti nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara untuk terus memperkenalkan keunggulan Likupang sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

Hal ini disampaikan DPD ASTINDO Sulawesi Utara melalui webinar yang dilaksanakan pada Selasa (26/7/2022) siang.

Kolam renang di Kinaari Resort di Desa Tarabitan, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.
Kolam renang di Kinaari Resort di Desa Tarabitan, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. (Tribun Manado/Ferdinand Ranti)

Dihadiri lebih dari 100 peserta, acara webinar DPD ASTINDO itu mengangkat tema 'Kupas Tuntas 1 dari 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia.'

"Selama pandemi Covid-19 selama dua tahun ASTINDO tetap bergerak dan berupaya membantu teman-teman travel agent meng-upgrade diri agar ketika tiba saatnya pariwisata rebound seperti sekarang ini, kita tetap dicari client. As a travel agent, we give them solution from A-Z untuk keperluan perjalanan mereka," ujar Pauline Suharno, Ketua Umum DPP ASTINDO dalam sambutannya di webinar Likupang pada Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Masuk Daftar Destinasi Super Prioritas Indonesia, 7 Tempat Wisata di Likupang Ini Seru Dijelajahi

"Maka dari itu penting bagi kita as travel consultant, travel professional untuk mengenal destinasi-destinasi unik, menguasai beragam paket wisata, yang cocok untuk karakter pelanggan perusahaan kita," sambungnya.

Menurut Pauline, hal tersebut mengikuti arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno agar dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru.

LIHAT JUGA:

Tak hanya itu, Ketua Umum DPP ASTINDO juga menjelaskan bahwa pihaknya pun memiliki program 'mengasuh' desa wisata.

Jadi, di beberapa DPD ASTINDO mulai rutin melakukan rapat di desa wisata, termasuk DPD Sulut pun rajin mengunjungi desa wisata di Likupang untuk survei dan mengadakan kegiatan di sana.

"This community based tourism actually is a type of sustainable tourism, yang semakin banyak digemari oleh generasi milenial, gen Z. Generasi muda yang semakin khawatir dengan kondisi alam saat ini, dan lebih peduli akan lingkungan," lanjutnya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kampar Riau, Ada Air Terjun dengan Ketinggian Mencapai 150 Meter

Pauline pun mengajak travel agent turut berpartisipasi aktif dalam mempromosikan desa wisata terutama di Sulawesi Utara.

Dari mulai memasukkan kunjungan atau aktivitas desa wisata dalam paket tour yang ditawarkan kepada customer.

Sementara Henry Kaitjily, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara mengatakan bahwa Likupang punya potensi wisata bahari yang selaras dengan desa wisata.

Henry menyebut bahwa Sulawesi Utara kaya akan potensi wisata bahari yang selaras bisa dipromosikan dengan desa wisata, termasuk yang ada di Likupang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved