Breaking News:

Pemprov DKI Jakarta Berencana Buka Kembali Wisata Monas Dua Pekan Lagi

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang akan kembali membuka kawasan Monas.

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Sejumlah warga berkunjung ke Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (28/12/2014). Liburan Natal sekaligus libur sekolahan dimanfaatkan sejumlah orang berekreasi bersama keluarga. Monumen Nasional (Monas) manjadi satu di antara banyak pilihan tempat rekreasi murah meriah. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang akan kembali membuka kawasan Monas.

Rencananya wisata Monas akan dibuka kembali dalam waktu dua pekan lagi.

Pembukaan kembali wisata Monas diharapkan dapat mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Pengakuan Youtuber Pegang Lidah Api Puncak Monas yang Berlapis Emas 50 Kg

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno usai acara Halalbihalal Kemenparekraf/Baparekraf di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Senin (23/5/2022).

"(Pembukaan) Monas kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Dari kami sudah mengajukan sebelum lebaran (Monas kembali dibuka) karena selain daripada Ancol, TMII, dan Ragunan, Monas ini sudah ditunggu-tunggu. Diharapkan dalam dua pekan ke depan sudah bisa kembali dibuka," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Pembukaan kembali Monas bagi wisatawan akan membawa dampak yang besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Monas, ikon Jakarta yang cocok untuk liburan akhir pekan
Monas, ikon Jakarta yang cocok untuk liburan akhir pekan (Rifki Kurniawan / Unsplash)

Monas sebagai salah satu ikon Kota Jakarta merupakan destinasi favorit wisatawan.

Tidak hanya bagi wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan mancanegara.

"Karena kita punya event-event internasional dan event nasional, banyak dari mereka yang tertarik datang ke Jakarta, dan Monas ini akan menjadi daya tarik utama. Banyak kegiatan-kegiatan juga yang mau menggunakan Monas sebagai backdrop dari kegiatan tersebut," ujar Menparekraf Sandiaga.

Rencana pembukaan kembali kawasan Monas oleh Pemprov DKI Jakarta tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang terkendali.

Baca juga: Terungkap! Emas di Puncak Monas Ternyata Isinya Ruangan Rahasia

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan, dari Monas hingga Museum Fatahillah

Ilustrasi video mapping Monas, Minggu (29/12/2019).
Ilustrasi video mapping Monas, Minggu (29/12/2019). (Instagram.com/@monumen.nasional)

Bahkan Presiden Joko Widodo belum lama ini melonggarkan kebijakan pemakaian masker dimana masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Namun kebijakan ini jangan sampai membuat masyarakat terlena bahkan jemawa dan menjadi lalai terhadap penerapan protokol kesehatan.

Penggunaan masker tetap berlaku bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.
Penggunaan masker juga tetap berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

"Dengan pelonggaran-pelonggaran relaksasi ini jangan membuat kita jemawa dan buat kita lalai sekarang. Harapannya dengan angka COVID-19 yang masih terkendali ini justru akan menjadi pemicu akselerasi dari kebangkitan momentum kita di pascalebaran ini untuk kebangkitan ekonomi kita," ujar Sandiaga Uno.

Sebagai informasi tambahan, Monas merupakan landmark Kota Jakarta dan menjadi salah satu bangunan bersejarah yang ada di Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta.

Monas memiliki ketinggian 132 meter yang didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Tonton juga:

Baca juga: 5 Tempat Wisata Populer di Bandungan Semarang Lengkap dengan Harga Tiket Masuknya

Baca juga: 5 Tempat Wisata Murah di Banyuwangi, Cocok untuk Bersantai Sejenak dari Suasana Kota

(TribunTravel.com/ Ratna)

Baca selengkapnya seputar tempat wisata di Jakarta, di sini.

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved